Sidang skripsi perdana Mahasiswa ekonomi Islam di tahun ini diadakan pada hari Selasa, 05 Januari 2021. Pada kali ini ujian skripsi saudara Aksioma Yodha Luvilla dilakukan secara terbuka dan disaksikan mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam di Hall Centre of Islamic Economics studies (CIES). Skripsi yang berjudul “Analysis of the Influence of NPF, BOPO, and CAR on The Profitability Return of Asset (ROA) of Sharia Commercial Bank in Indonesia on period (2015-2019) dibimbing oleh Al-ustadz Imam Haryadi, M.S.I dan diuji oleh Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M,Ec selaku penguji pertama dan Al-Ustadz Adib Susilo, S.H.I, M.S.I selaku penguji ke-dua. Sidang skripsi terbuka ini dihadiri oleh Kaprodi Ekonomi Islam Al-Ustadz Mufti Afif, Lc, M.A. dan dosen-dosen Ekonomi Islam lainnya.

Para penguji pada sidang perdana oleh saudara Aksioma

Saudara Aksioma Yodha Luvilla dinyatakan Lulus dengan nilai 95 dan predikat memuaskan (A+). Bagaimana sih tips tips menyelesaikan skripsi ala Aksioma yang bisa selesai dengan cepat dan baik?? Berikut ini adalah 10 tips dari saudara Aksioma Yodha Luvilla yang bisa banget kita ambil sebagai pelajaran.

  1. Pastikan Judul Penelitian Sesuai dengan Kapabilitas dan Keminatan

Langkah awal yang perlu diperhatikan setelah menetapkan niat yang kuat dan sungguh-sungguh adalah penetapan judul penelitian. Sering kali kita ketahui banyak mahasiswa yang belum serius Ketika memilih judul, padahal ini adalah penentuan skripsi akan selesai atau tidaknya. Jadii.. Ketika memilih judul penelitian, pastikan judul atau apa yang ingin di teliti itu adalah apa yang kita minati dan sesuai dengan kapabilitas kita agar kitapun tidak merasa terbebani dengan skripsi ini.

  • Selalu Dekati Pembimbing

Setelah mendapatkan judul, Langkah yang perlu dilakukan adalah mendekati pembimbing skripsi. Adanya pembimbing skripsi untuk konsultasi tentang kepenulisan skripsi dan penelitian, maka sering-sering lah datang agar skripsimu selalu ada kemajuan dan segera selesai. Pembimbing juga sering kali mengevaluasi kita dengan kesalahan-kesalahan kita, tapi yang perlu kita persiapkan adalah mental dan tekat yang kuat karna sesungguhnya evaluasi itu bukan untuk menjatuhkan tapi untuk membangun kita agar lebih baik lagi, jadi tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

  • Istiqomah dalam Beribadah

Selain mendekati pembimbing, jangan lupa untuk slalu dekat dengan Allah SWT yang maha kuasa. Salah satu kunci sukses dalam hidup adalah dengan mendekati Sang Pencipta, sebab tiada upaya dan kekuatan kecuali dari Allah SWT. “Sesungguhnya Faktor besar kesuksesan mu adalah keharmonisan hubungan mu dengan Allah”

  • Dukungan dan do’a dari orang tua dan sekitar

Ridha tuhan ada pada ridha orang tua, maka dari itu mintalah selalu doa dan dukungan pada orang tua karna Sebagian besar dari kesuksesan kita sekarang adalah factor dari do’a kedua orang tua kita. Juga pada orang sekitar kita yang slalu mendoakan kita adalah factor pendukung kelancaran kita. Seperti yang selalu disampaikan pak kyai yaitu, “berdo’a, minta do’a, dan mendo’akan”.

  • Jaga Kesehatan

Akal yang sehat terdapat pada raga yang sehat. Ternyata kesehatan juga akan mempengaruhi kita dalam menyelesaikan tugas akhir ini. Bagaimana kita bisa focus dengan penyelesaian skripsi sedangkan kita sedang kurang sehat atau bahkan sedang sakit. Tentu ini adalah hal penting yang harus kita perhatikan. Jaga Kesehatan anda agar bisa selalu semangat dalam mengerjakan skripsi.

  • Manajemen Waktu

Dalam menyelesaikan tugas akhir ini perlu banyak waktu dan bahkan hingga 1 semester full. Dengan lamanya waktu ini belum tentu juga skripsi akan selesai begitu saja, pastinya butuh kepandaian kita dalam mengatur waktu. Waktu selalu akan berjalan, tapi apakah skripsi kita juga berjalan? Disitulah pertanyaan yang direnungkan. Dalam menyelesaikan ini perlu ketekunan dan kerajinan penuh agar bisa selalu istiqomah dan semangat dalam penyusunan skripsi ini.

  • Jangan Terbawa Pengaruh Buruk dari Sekitar

Kita hidup memang tidak mungkin sendiri, apalagi kondisi kami yang sedang dalam kampus pesantren yang hidup dengan ratusan mahasiswa di satu asrama dan puluhan mahasiswa dalam satu kamar. Pastinya lingkungan dimanapun kita berada selalu memberikan pengaruh kepada hidup dan kebiasaan kita, pengaruh baik maupun pengaruh buruk. Inilah ujian yang lumayan berat, disaat rasa-rasa ingin melanjutkan nonton film, melanjutkan game, dan banyak bercanda dengan kawan-kawan lainnya, kita harus tetap focus dengan skripsi kita serta mencari lingkungan yang memang sedang semangat juga dalam menyelesaikan tugas nya masing-masing dan membawa kita Kembali semangat menyelesaikan skripsi.

  • Jangan ada Satupun Mata Kuliah yang Mengulang (Tahsin)

Tips yang paling penting di ketahui mahasiswa-mahasiswa smester 1 sampai 6 agar cepat menyelesaikan skripsi nantinya adalah untuk slalu rajin dalam menjalani kuliahnya, karna apa yang kita lakukan di semester 1 sampai 6 adalah penentuan apakah kita bisa menyelesaikan tugas akhir dengan tepat waktu atau bahkan dengan cepat. Syarat mendaftarkan sidang skripsi adalah dengan mengikuti ujian Materi Kuliah Dasar Umum dan Khusus (MKDK/MKDU) dan syarat mengikuti ujian tersebut adalah lulus semua mata kuliah yang ada dari semester 1 hingga semester 6.

  • Persiapkan Skill Bahasa

Jangan lupa bahwa skripsi di Universitas Darussalam Gontor menggunakan Bahasa resmi Arab maupun Inggris. Penting sekali rasanya kita persiapkan untuk meningkatkan Bahasa kita dari sekarang agar nanti kita bisa lancer dalam penyusunan skripsi dan lancar Ketika sidang skripsi. Salah satu syarat skripsi juga adalah lulus ujian Bahasa yang dilaksanakan satu kali setiap semester, maka jangan sia-siakan waktu anda untuk belajar Bahasa Arab dan Inggris.

  1. Skripsi yang Baik Adalah Skripsi yang Selesai

Hal penting trakhir yang perlu kita ketahui adalah skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Banyak mahasiswa yang idealis yang akhirnya terjebak dengan idealismenya sendiri, yaitu mahasiswa yang terlalu memikirkan idealis tentang skripsinya, berekspektasi tinggi dengan skripsinya hingga akhirnya dia kebingungan dalam menyelesaikannya. Keadaan itu menjadi salah satu factor mahasiswa telat menyelesaikan tugas akhirnya yang menjadi evaluasi bagi kita semua agar kedepan kita bisa lancar dan bisa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu atau lebih cepat.

(Akmal F.S)

1 Comment

Leave a Comment