ei.unida.gontor.ac.id – Penghujung akhir Semester Gasal Tahun Akademik 1442/2021 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan Studi Akademik bagi Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Semester 5. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari, 28-29 Oktober 2021 dengan beberapa tujuan. Sebagaimana Term of Reference beberapa tempat yang dikunjungi ini adalah Studi UMKM di Sentra Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya, Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Jemur Handayani Surabaya, Studi Manajemen dan Marketing Home IndustriAyam Geprek Barokah Pasuruan dan Studi UMKM di Pusat oleh-oleh Kota Wisata Batu.

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam sebagai rangkaian implementasi salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran. Mahasiswa dirasa belum cukup mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas perkuliahan selama beberapa semester, namun juga perlu praktikum bertemu dan berkomunikasi langsung dengan sektor ekonomi riil di lapangan salah satunya dikemas dengan kegiatan studi akademik.

Tujuan, output dan sasaran utama dilaksanakannya studi akademik ini adalah: 1) Meningkatkan wawasan, mutu dan kualitas akademik mahasiswa; 2) Sebagai sarana dan wadah bertukar informasi, pengalaman, praktik, dan pengetahuan akademik antara Lembaga Perguruan Tinggi formal dengan institusi pemerintah, lembaga finance maupun perusahaan profit; 3) Mengukur sejauh mana keterkaitan pembelajaran mahasiswa selama di kelas perkuliahan dengan sektor ekonomi riil di lapangan, baik itu di UMKM, home industri maupun di lembaga keuangan.

Foto Bersama di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya

Studi Akademik kali ini dibimbing oleh Dosen Ekonomi Islam yaitu Al-Ustadz Musyaffak Kholil dan Al-Ustadz Ahmad Suminto. Sebelum perjalanan ke beberapa tujuan segenap mahasiswa berkunjung dulu ke Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, mengamati perubahan dan perkembangan Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya. Harus tertanam pada mindset seorang Muslim bahwa masjid merupakan sentral peradaban umat Islam, di Masjid terdapat perbendaharaan umat atau yang disebut sebagai khizanatullah.

Studi UMKM di Sentra Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya

Studi Akademik pertama yaitu di Sentra Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya. Di sepanjang jalan masuk dan keluar makam Sunan Ampel terdapat puluhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlapak, mulai dari fashion Muslim, produk makanan lokal, alat pelengkap ibadah, dan lain sebagainya. Di sentra wisata ini mahasiswa dapat mengamati dan menganalisa secara langsung keterkaitan antara strategi marketing UMKM, orientasi wisata halal dan peran lembaga keuangan islam.

Sentra UMKM di Wisata Religi Sunan Ampel Surabaya

Di sini mahasiswa bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan Pedagang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Beberapa mahasiswa aktif wawancara, diantara pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan adalah: Produk yang dijual apakah barang ekspor atau produk lokal? Menurut mayoritas pedagang, mereka banyak mengambil barang atau produk dagangannya menggunakan produk lokal, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Tentu sentra UMKM Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya ini sangat mendukung kegiatan UMKM dan wisata halal di sektor ekonomi riil. Di samping tempat wisatanya adalah religi juga didukung dengan barang yang diperdagangkan bernilai Syariah, seperti fashion Muslim dan Muslimah, makanan produk lokal, dan alat pelengkap ibadah seperti peci, kerudung, mukena, tasbih, dan lain sebagainya. Hal ini juga membangkitkan perekonomian serta berpengaruh terhadap pemulihan sektor riil pasca pandemi Covid-19.

Baca juga:

Studi Akademik Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam di Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya

Home Industri Ayam Geprek Barokah Pasuruan

Ayam Geprek Barokah beralamat di Gempol Pasuruan merupakan home industri yang didirikan oleh Bapak Ahmad Jahid dan istrinya pada tahun 2016 silam. Selain Home Industri Ayam Geprek beliau juga sukses menjalankan bisnis Konter Barokah serta banyak usaha lain seperti air minum kemasan yang berkolaborasi dengan BUMN. Bapak Ahmad Jahid yang juga owner merupakan orang tua dari Luqman Hakim salah satu mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Semester 5 asal Pasuruan.

Studi Strategi Marketing dan Manajemen Bersama Bapak Ahmad Jahid (Owner Ayam Geprek Barokah Pasuruan

Sebelumnya segenap mahasiswa disambut dengan baik dan ramah oleh tuan rumah. Di sini mahasiswa dapat belajar langsung strategi manajemen dan marketing Ayam Geprek Barokah bersama owner dengan detail, penuh antusias dan semangat. Beliau juga tidak sungkan dan sangat senang bisa berbagi ilmu dan tips-tips berwirausaha. Hal pertama yang beliau sampaikan adalah tentang modal untuk usaha, yang dimulai dari usaha jam tangan kemudian sampai merintis konter handphone.

Penyerahan Kenang-kenangan dari UNIDA Gontor

Dalam studi ini beliau banyak memaparkan tips-tips berwirausaha, diantaranya bahwa: 1) Mental pengusaha tidak boleh takut rugi, dan berani untuk berkompetisi harga dengan para kompetitor; 2) Memperhatikan kemasan produk, karena konsumen yang dilihat pertama kali adalah kemasan, menurutnya kemasan harus menarik dan enak dilihat; 3) Selalu memperhatikan kualitas bahan dan kualitas produk untuk menjamin tingkat kesehatan konsumen dan kepercayaan pelanggan; 4) Berwirausaha harus banyak bersedekah, karena menurutnya berwirausaha juga tidak terlepas dari sisi spiritual seperti memperbanyak sedekah. Menurutnya sedekah dalam berwirausaha juga berarti bentuk promosi kepada masyarakat.

Foto Bersama Owner Ayam Geprek Barokah

Bapak Jahid memberikan nasihat, bahwa mahasiswa itu juga calon swasta dan berpotensi berwirausaha, maka ketika berhasil berwirausaha jangan hanya satu saja. Setidaknya dua usaha atau lebih sehingga usaha itulah yang nanti akan diwariskan kepada anak-anaknya. Setelah beliau banyak menyampaikan tips-tips berwirausaha mahasiswa juga aktif berdiskusi dalam forum, banyak hal tentang strategi manajemen dan marketing. Terakhir beliau menyampaikan siap membimbing, membekali ilmu dan praktik langsung berwirausaha salah satunya home industri Ayam Geprek kepada mahasiswa dari ‘nol’ sampai bisa.

Sebagaimana tujuannya Studi Akademik sebagai wadah pengembangan wawasan akademik yang diharapkan mampu memberikan pembelajaran akademik khususnya di Program Studi Ekonomi Islam. Diharapkan kegiatan ini akan membekas dan menjadi modal utama bagi mahasiswa untuk menjalankan perannya kembali, sebagai sebuah elemen masyarakat yang punya ambisi untuk melakukan perubahan-perubahan. Karena memang disadari atau tidak peran mahasiswa adalah agent of change dalam strata masyarakat yang ada, kapanpun dan dimanapun ia berada. (Rida Irsyadillah)

Baca juga:
Studi Akademik Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam di Bank Syariah Indonesia KC Jemur Handayani Surabaya