Mantingan, Ngawi – Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) kampus Putri, mengadakan kegiatan baru yang diberi nama Saturday Islamization Forum (SIF). Kegiatan yang akan berlangsung setiap hari Sabtu pada jam 13:30-15:00 WIB tersebut pertama kali diadakan pada tanggal 23 Januari 2021.

Atas usulan dari Direktur UNIDA Putri, Al-Ustadz Dr, Nur Hadi Ihsan, MIRKH, kegiatan ini dirancang untuk menjadi program lanjutan kajian islamisasi ilmu pengetahuan dari Friday Night Lecture (FNL) dan Monday Night Discussion (MND) sebagai bentuk pengaplikasian islamisasi ilmu pengetahuan.

Berbeda dengan FNL dan MND, kajian ini diadakan pada masing-masing prodi di setiap semester dan mendapat bimbingan langsung dari mahasiswi semester 8 dan mahasiswi pascasarjana selaku mentor.

Selain itu, para mahasiswi juga dapat mengakses dan mempelajari materi terlebih dahulu yang sebelumnya telah dibagikan oleh ketua HMP di masing-masing prodi, kemudian setiap mahasiswi wajib me-resume materi yang telah diberikan sebelum berdikusi dengan mentor.

Kegiatan diskusi Saturday Islamization Forum oleh mahasiswi Unida Kampus Putri

Kegiatan ini tidak hanya menambah wawasan dan bekal dasar pengenalan worldview islam bagi mahasiswi semester 2, 4, dan 6. Tetapi juga melatih mahasiswi semester 8 dalam membimbing suatu kajian, yang mana didalam FNL dan MND, pembimbing kajian atau mentor berasal dari mahasiswi pascasarjana. 

Di Program Studi Ekonomi Islam sendiri, materi yang diberikan pertama kali, khususnya bagi mahasiswi semester 2 berjudul “Makna dan Konsep Syariah”. Materi dasar ini nantinya akan menjadi pemacu bagi materi-materi selanjutnya yang mana -sesuai dengan tingkat semester- akan mengarah pada islamisasi ilmu pengetahuan.

Menariknya, mahasiswi semester 8 bertugas sebagai mentor yang mengisi program SIF. Jika di Kuliyatul Mu’alimin Al-Islamiyah (KMI) dulu ada darsul masa’ setiap sore, mungkin ini bisa dikatakan darsul masa’ tingkatan perguruan tinggi. Tema kajian yang mengusung jargon Islamisasi Ilmu menjadikan mahasiswi antusias mengikuti program ini. Alih-alih mereka mempersiapkan program ini dengan matang. Jika semester 2, 4 dan 6 ada kewajiban untuk membuat resume dari artikel makalah yang dijadikan madah dalam program, sedangkan semester 8 harus mengikuti briefing yang dilakukan oleh dosen penanggungjawab islamisasi dan dosen Prodi seminggu sebelum presentasi dan juga mencari tambahan materi. Dengan adanya program ini diharapkan mahasiswi UNIDA kampus putri dapat memahami dan menjalankan islamisasi dalam kehidupan sehari-hari. (Andi-Mumtazah)

(ed: Rayhan)

Leave a Comment