Mantingan– Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) merupakan usaha desa yang dikelola oleh pemerintah desa dan berbadan hukum. Pemerintah desa dapat mendirikan Badan Usaha Milik Desa sesui dengan kebutuhan dari potensi Desa. Pembentukan Badan Usaha Milik Desa ditetapkan dengan peraturan desa. Kepengurusan Badan Usaha Milik Desa terdiri dari Pemerintah Desa dan Masyarakat desa setempat.

Sambutan Ust Setiono, M.M. Dalam Prosesi Penandatangan Kerjasama Desa Sambirejo Dengan Fakultas EKonomi dan Manajemen

Permodalan Badan Usaha Milik Desa dapat berasal dari Pemerintah Desa, tabungan masyarakat, bantuan pemerintah, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota, pinjaman, atau penyertaan modal pihak lain atau kerja sama bagi-hasil atas dasar saling menguntungkan. Badan Usaha Milik Desa dapat melakukan pinjaman yang dapat dilakukan setelah mendapat persetujuan BPD.

Kepala Desa Sambirejo

Sambirejo merupakan salah satu desa yang ada di wilayah Kabupaten Ngawi tepatnya di Kecamatan Mantingan, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan Masyarakat dan memaksimalkan potensi SDM dan SDA yang ada dan sesuai dengan jargon Desa periode ini yaitu MANTAB “Mandiri, Tangguh, dan Berbudaya’, maka Kepala Desa Sambirejo menginisiasi merangkul para akademisi dalam menjalankan program kerjanya yaitu pendirian Bumdes yang berupa Sambirejo Mart, yang insya Allah sekarang sedang tahap renovasi, berlokasi diwilayah Kantor Balai Desa Sambirejo.

Pemberian Cinderamata

Menindak lanjuti program tersebut UNIDA Gontor menjadi pilihan Desa Sambirejo dalam mewujudkan ide gagasan Sambirejo Mart khususnya Fakultas Ekonomi dan Manajemen yang secara tidak langsung membidanginya, bertepatan pada hari Sabtu, 6 Maret 2021 diadakan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Desa Sambirejo dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, tujuannya tidak lain adalah untuk peguatan jalinan kerjasama dan pengaplikasian teori di bangku kuliah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Ssambirejo.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Desa Bapak Sumarmo, M.Pd beserta seluruh perangkatnya dan seluruh dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen dan dilaksanakan di Meeting Room Pascasarjana UNIDA Gontor. (M.Huda)

Leave a Comment