Ponorogo– OLC (Organic Learning Center) merupakan sebuah konsep sederhana dalam edukasi pertanian berbasis organik, tepatnya Selasa (07/12/21) mahasiswi UNIDA Putri dalam kegiatan Economic Visit melakukan kunjungan ke sana. OLC ini diprakarsai oleh Dwi Arifianto, beliau merupakan seorang petani organik yang sudah berhasil mengekspor bawang merah, cabai, kedelai dan juga diawal UNIDA berdiri beliau juga sempat menjadi dosen Agroteknologi. pada kegiatan ini seluruh peserta diajak keliling ke kebun untuk melihat bagaimana proses pembibitan, okulasi, pemilihan bibit unggul, dan edukasi manajemen startegi yang diterapkan di OLC ini.

Foto Bersama Owner OLC

Tujuan utama mengadakan kunjungan disini adalah untuk mengetahui bagaimana proses dari hulu ke hilir strategi dan manajemen yang diterapkan hingga dapat menghasilkan dan memberdayakan masyarakat sekitar. Karena lulusan Ekonomi Islam nantinya tidak hanya di lingkup perbankan saja melainkan semua lingkup dan sektor ekonomi, di situlah alumni-alumni berpijak. Petani (Penyangga Tatanan Negara) ini merupakan konsep bahwasanya petani itu yang sebenarnya menjaga keberlangsungan negara, maka diperlukan pembangunan SDM petani itu sendiri dengan nilai-nilai dan konsep ke Islaman. Dan di situlah para lulusan Ekonomi Islam ikut andil dalam mengedukasi Ekonomi Islam.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh owner OLC, “kalian harus menjadi pengusaha yang Mu’alim, apa bedanya pengusaha murni dan pengusaha Mu’alim? kalau pengusaha murni ketika dikunjungi dia pasti ingin menjelaskan usahanya itu yang paling ok, orang lain dipaksa untuk mengatakan bahwa usahanya paling bagus dan baik, sedangkan pengusaha yang Mu’alim sebenarnya anda tidak perlu meniru anda tetapi harus bisa membaca sumber daya yang anda miliki apa, berarti yang kita berikan adalah kunci”.

Ketika seseorang ingin menjadi pengusaha yang dicari jangan modal dulu akan tetapi yang dibangun adalah mental wirausaha dulu, bagaimana kesiapan seseorang dalam memulai bisnisnya. Awal mulai dimulai dari modal 3 juta dengan menjual tanaman hias. Tutup tahun 2020 aktiva lancar sudah menyentuh angka 6,3 M dari total 13 M, inilah yang dimaksud dengan keberkahan, karena kita niatkan untuk ibadah.

Meninjau Kebun Yang terletak di OLC Ponorogo

Strategi yang diterapkan di OLC adalah manajemen pemasaran yang dipilih adalah market needs sasaran pasar yang kecil tetapi costumer loyal atau ibaratnya menjual produk premium. Penerapan sustaineble dalam pangan menjadi fokus yang utama, adanya pembeda dari produk-produk lain itupun menjadi hal yang wajib dilakukan atau differentiation . Sebagai pelaku ekonomi mahasiswa harus mampu menganalisa perkembangan ekonomi di sektor rill, tentunya hal ini berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan kesejahteraannya.

Salah metode dalam menjalankan bisnis adalah menggunakan sintesa sebagai acuan, ini yang menarik! Gontor tentunya di sini adalah Trimurti para pendiri pondok sudah menerapkan metode ini jauh sebelum Indonesia merdeka. inilah kehebatan Gontor dan para alumni-alumniya”, imbuhnya.

Kalau boleh menyimpulkan menjadi “Pengusaha yang Mu’alim” merupakan value tersendiri yang harus dimiliki oleh para pelaku ekonomi muslim, maka ketika niat lillah dalam bisnis sudah tertanam maka saat itulah keberkahan akan selalu menaungi kita. (M.Huda)