ei.unida.gontor.ac.idUNIDA IS ME 5.0 (Islamic Economics Event 2021) merupakan kegiatan perlombaan yang diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam – Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor. Acara ini merupakan ajang perlombaan bagi mahasiswa dan mahasiswi untuk menujukkan bakat dan skill mereka khususnya mahasiswa dan mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam. Pada tahun ini UNIDA IS ME 5.0 diadakan secara online (virtual) yang diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi Prodi Ekonomi Islam baik dari Kampus Pusat Siman, Kampus Robithoh dan juga Kampus Mantingan. Tema besar yang diusung dari terselenggaranya event ini adalah “Urgensi dan Implementasi Islamic Financial Technology (Fintech) di Masa Pandemi Covid-19”.

Pada event UNIDA IS ME 5.0 kali ini menyelenggarakan dan menyajikan 6 cabang lomba, antara lain, Call for Paper (Lomba Karya Tulis Ilmiah), Debat Ekonomi Islam, Fotografi, Videografi, Desain Poster dan Orasi Ekonomi Islam. Acara opening diawali dengan pembukaan UNIDA IS ME 5.0, yang dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 17 September 2021 pukul 13.30 WIB secara online.

Opening UNIDA IS ME 5.0 (Islamic Economics Event 2021)

Dalam serangkaian pembukaan UNIDA IS ME 5.0 acara dipandu oleh MC yaitu saudara Maula Falih mahasiswa EI semester 1 dan dilanjutkan beberapa sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Al-Ustadz Musyaffak Kholil, M.E. selaku Pembimbing UNIDA IS ME 5.0 2021 dan sekaligus perwakilan dari Kaprodi Ekonomi Islam. Sambutan yang kedua disampaikan oleh Al-Ustadz Adib Susilo, M.S.I. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Ekonomi dan Manajemen sekaligus pembukaan simbolis acara serta pembacaan do’a.

Al-Ustadz Adib Susilo, M.S.I. (Wakil Dekan III Fakultas Ekonomi dan Manajemen)

Dalam sambutannya Al-Ustadz Adib Susilo menyampaikan banyak hal untuk memberikan motivasi dan wejangan kepada para peserta, diantaranya adalah:

Bahwa event ini merupakan wadah bagi mahasiswa-mahasiswi untuk menujukkan bakat dan skill mereka khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam di kelas pertama sebelum melangkah ke kelas yang lebih tinggi lagi, baik nasional maupun internasional.

Acara Opening UNIDA IS ME 5.0 ditutup oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan finalis cabang lomba Call for Paper dan dilanjutkan dengan pelaksanaan babak final Call for Paper yang dipandu oleh moderator Rofi Muzakki. Kemudian cabang lomba berikutnya adalah semifinal debat Ekonomi Islam yang dipandu oleh moderator Ali Ramadhan, serta sesi presentasi fotografi.

Moderator Acara Rofi Muzakki (Mahasiswa EI Semester 3)

Acara pun dilaksanakan dengan penuh khidmah, serius dan bernuansa akademik. Semangat dan antusias para peserta dan para juri yang kritis dan telaten membuat pelaksanaan perlombaan ini semakin seru dan juga menyenangkan bagi para peserta. Berita berjalannya Debat Ekonomi Islam dan pelaksanaan Call for Paper atau Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) serta cabang lomba lainnya akan di rilis pada hari berikutnya. Adapun pengumuman juara setiap cabang lomba akan diumumkan di acara penutupan UNIDA IS ME 5.0 2021 nanti. (Ali_Ramadhan)

Leave a Comment