Semarang – Setelah mengunjungi Oemah Herborist, masih di hari yang sama yaitu hari Selasa, 8 Februari 2022 kami bergegas mengunjungi kantor BAZNAS yang berlokasi di Jl.W.R.Supratman No.77 Semarang. BAZNAS sendiri merupakan singkatan dari Badan Amil Zakat Nasional, yaitu suatu bagian yang mengurus segala hal yang berhubungan dengan Zakat, Infaq, dan Shadaqah.

Sambutan Oleh Al-Ustadz Miftahul Huda, M.E.

Pertama-tama yaitu sambutan dari Dosen Pembimbing Studi Akademik yaitu Al-Ustadz Miftahul Huda, M.E. dan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai BAZNAS oleh Bapak Pimpinan Kantor BAZNAS Semarang. Adapun BAZNAS mempunyai 5 program yang bisa disebut dengan panca program, yaitu program kemanusiaan seperti BAZNAS tanggap bencana, program pendidikan seperti beasiswa, program kesehatan seperti rumah sehat BAZNAS, program dakwah seperti muallaf center BAZNAS, dan program ekonomi seperti pengembangan ekonomi atau UMKM.

Setelah penjelasan selesai, dibukalah sesi tanya jawab bagi 4 orang tercepat. Kemudian dilanjutkan dengan sedikit penjelasan lain mengenai zakat. Apakah zakat dapat digunakan untuk membayar hutang-hutang pemerintah? Jawabannya yaitu dikarenakan masih banyak penduduk Indonesia yang belum tercukupi kebutuhan hidupnya, maka zakat dan infaq yang telah dikumpulkan akan digunakan untuk membantu warga Indonesia yang masih belum tercukupi dahulu kebutuhan hidupnya, baru dapat digunakan untuk membantu pemerintah membayar hutang-hutangnya.

Penjelasan Mengenai Zakat

Yang terakhir adalah penyerahan cinderamata dari Universitas Darussalam Gontor kepada Kantor Badan Amil Zakat Nasional, dan juga dari Badan Amil Zakat Nasional kepada Universitas Darussalam sebagai kenang-kenangan. Dari BAZNAS ini kami mendapatkan banyak pengetahuan maka kami tidak boleh menyia-nyiakannya, dan harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Wafi Amalia)