Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Edisi kali ini website Prodi Ekonomi Islam merilis literasi istilah-istilah di bidang ekonomi Islam. 

Mengapa kosakata itu penting?

Karena ketika belajar Bahasa Inggris maupun Bahasa Arab, hal yang tidak boleh kita abaikan adalah kosakata. Ya, kosa-kata! Menguasai kosakata adalah hal yang sangat dasar. Kosakata atau dalam Bahasa Arab disebut mufradat (مُفْرَدَةٌ), dalam Bahasa Inggris disebut vocabulary.

Vocabulary adalah Kosakata atau perbendaharaan katamerupakan himpunan kata atau khazanah kata yang diketahui oleh seseorang atau entits lain yang merupakan bagian dari suatu bahasa tertentu. Ada yang mendefinisikan kosakata sebagai himpunan semua kata-kata yang dimengerti oleh orang dan kemungkinan akan digunakannya untuk menyusun kalimat baru.

Jadi, karena itulah mempelajari serta menguasai kosakata sangat-sangatlah penting, semakin banyak menguasai vocabulary maka semakin baik. Khususnya bagi mahasiswa ekonomi Islam yang ingin mengembangkan pengetahuan dan wawasan khususnya literasi tentang ekonomi Islam, baik untuk tujuan meningkatkan studi atau untuk wawasan akademik harus sangat familiar nih, dengan beberapa perbendaharaan kosakata dan istilah dalam ekonomi Islam.

Berikut ini disajikan 10 istilah pengantar yang umum digunakan di bidang ekonomi Islam, untuk meningkatkan literasi kita khususnya di bidang ekonomi Islam.

Bagi sahabat sekalian meskipun istilah-istilah di atas ini tidak familiar dan tidak diajarkan sebagai aspek materi di kurikulum kalian, tidak ada salahnya untuk dibaca guna meningkatkan kompetensi multi-literasi. Demikianlah 10 Istilah dalam Ekonomi Islam, selanjutnya dapat dihafalkan guna meningkatkan kompetensi bagi sahabat-sahabat menuju calon ekonom Muslim yang berliterasi tinggi. Amiin.

Artikel ini telah direview oleh: Al-Ustadz Ahmad Kali Akbar, M.Pd. (Prodi Pendidikan Bahasa Arab – Universitas Darussalam Gontor)

Artikel ini telah direview oleh: Al-Ustadz Aries Fachriza, M.Pd. (Prodi Tadris Bahasa Inggris – Universitas Darussalam Gontor) 

Leave a Comment