Magang….., SPL (Studi Pengayaan Lapangan)….., apa yang terlintas dikepala para mahasiswa pada khususnya jika mendengar 2 kata tersebut? Kerja 1 bulan di kantor yang diimpikan, penempatan di perusahaan besar, yup itu adalah pemikiran para mahasiswa di tahun sebelum 2020.

Di era pandemi seperti ini semua berubah di segala aspek, termasuk pelaksanaan magang para mahasiswa semester 6 Program Studi Ekonomi Islam di Universitas Darussalam Gontor. Pada hari Rabu, 6 Januari 2021 bertempatkan di Laboratorium Ekonomi Islam, para mahasiswa Ekonomi Islam semester 6 melaksakan pembekalan yang diberikan oleh Kaprodi Ekonomi Islam Al-Ustad Mufti Afif, Lc, M.A, dan juga Ustadzah Atika Rukminastiti Masrifah, M.E.Sy.

Pada magang di tahun ini, para mahasiswa Prodi Ekonomi Islam ditempatkan di biro dan lembaga yang bertempatkan di dalam lingkungan Universitas Darussalam Gontor, dikarenakan pandemi yang sedang meningkat jumlah penyebaran nya, dan juga mentaati Surat Keputusan Rektor yang berkaitan dengan lockdown seluruh civitas Universitas Darussalam Gontor.

Walau penempatan tidak dilaksakan di perusahaan atau lembaga yang berada di luar area kampus, tetapi terlihat semangat dan aura optimis di setiap raut wajah para mahasiswa yang secara tidak langsung memperlihatkan bahwa mereka siap melaksakan pengabdian sekaligus menimba ilmu serta pengalaman di lembaga dalam kampus yang akan mereka tempati.

Al-Ustadz Mufti Afif, Lc, M.A, menyampaikan materi pada kegiatan pembekalan magang.

SPL atau magang mempunyai filosofi yaitu,

S: Serius: walaupun magang hanya 1 bulan, mahasiswa haruslah serius disetiap pekerjaan nya dan juga serius dalam menimba ilmu dan pengalaman dimana dia ditempatkan.

P: Percaya diri: haruslah selalu percaya diri jika diberi penugasan, bagaimana dia bisa percaya diri? Yaitu dengan menguasai masalah yang ada di di lingkungan magang.

L: Langsung: praktek secara langsung adalah cara pembelajaran yang paling efektif untuk dilakukan, sehingga kita bisa melihat secara langsung bagaimana cara kerja sebagai seorang yang profesional.

Dengan adanya kegiatan magang ini kita harus beisa berfikir bagaimana melakukan magang atau bekerja di suatu lembaga dengan benar, dan juga walaupun magang, kita harus bekerja lillahi ta’ala, ujar Ustadzah Atika.

Di tengah berbagai masalah dan juga padatnya kegiatan para mahasiswa Prodi Ekonomi Islam semester 6, mereka tetap berusaha untuk tetap produktif. Dengan niat dan semangat mereka berucap dalam hati “Bismillah, The Show Must Go On”  semoga ridho Allah SWT selalu mendampingi mereka dalam setiap kegiatan, dan tetap gelorakan dalam sanubari kita, SEMANGAT HAWARI!!!

Rayhan Ahmad Zaki
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam
Universitas Darussalam Gontor

1 Comment

Leave a Comment