Yogyakarta– Sabtu (04/12/2021) Perjalanan menuju Daerah Istimewa Yogyakarta kali ini menjadi sebuah perjalanan yang istimewa. Karena kebetulan dosen pembimbing yang akan melakukan monitoring ke tempat magang wilayah  D.I. Yogyakarta merupakan alumni Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Islam Indonesia (UII). Kedua universitas tersebut berada di Yogyakarta, di sinilah para dosen pembimbing menempuh jenjang studi S2.

Monev SPL Oleh Dosen Pembimbing Lapangan

Agenda monitoring dan evaluasi ini diadakan selama dua hari dan dosen pembimbing yang ikut dalam kegiatan ini adalah Achmad Fajaruddin, M.A., Andi Triyawan, M.A., Miftahul Huda, M.E., dan Abdul Latif Rizqon, M.E., dihari pertama kita mengumpulkan para peserta SPL disalah satu tempat magang yaitu RM. Joglo Khasanah, disana seluruh peserta SPL mennyampaikan hal-hal apa saja terkait peroses magang yang mana sudah berjalan empat hari. Banyak hal baru yang mereka sampaikan mulai dari dari pengalaman, pengetahuan, dan fakta lapangan yang tidak mereka temukan secara teksbook dikelas.

“kami menemukan hal yang baru dan itu tidak kami dapatkan di kelas, kami dituntut untuk terus berinovasi dalam mempromosikan sebuah brand menggunakan media website, dan hasilnya cukup menggiurkan, kami diajarkan dan terus dibimbing hingga kami berpikir, mungkin inilah dampak besar dari era 4.0”, ungkap Elisa salah satu peserta SPL di Webanae. Ketika para peserta memanfaatkan momentum ini dengan maksimal maka mereka akan mendapatkan hal yang lebih dan bermanfaat. “insecure…kami mendadak lupa dengan materi yang dipelajari di kelas” celetuk Asa peserta SPL di BAZNAS Yogyakarta.

Isi Sebuah Lembaga Pendidikan Pesantren Seperti Gontor Ada Tiga: Keislaman, Keilmuan, dan Kemasyarakatan”

K.H. Hasan Abdullah Sahal

Pada kesempatan ini pula beberapa dosen pembimbin juga memberikan beberapa arahan-arahan salah satunya adalah agar mereka menjaga kesehatan, mengambil pelajaran dan ilmu yang banyak selama masa SPL ini, dan juga kami mengingatkan kepada mereka agar semua selalu menjaga sikap dan etika selama kegiatan magang ini berlangsung. “tetap selalu menjadi gelas yang kosong agar kalian siap untuk diisi” ungakap Achmad Fajaruddin, M.A. salah satu dosen pembimbing SPL.

Suasana Monev Kegaitan SPL di D.I. Yogyakarta

Agenda selanjutnya keesokan harinya (hari kedua) adalah keliling ditiap-tiap lokasi yang ditempati sekaligus meninjau lebih dalam kegiatan SPL. Kunjungan hari ini sekaligus ingin mengetahui lokasi dan kondisi tempat dan bagaimana pendapat koordinator pengawas ditiap-tiap lokasi terhadap peserta magang. diskusi ringan dilakukan oleh dosen pembimbing lapangan bersama Korwas masing-tempat, berbagi ilmu dan pengalaman dalam diskusi singkat itu. Harapakan kami sebagai dosen pembimbing adalah agar seluruh mahasiswi peserta SPL mendapatkan pengalaman, ilmu dan makna sebuah kehidupan dan mereka nantinya akan siap untuk menjalani itu setelah menyelesaikan studinya di Universitas Darussalam Gontor. Tetap semangat!. (M.Huda)