ei.unida.gontor.ac.id – Peran semua pihak, salah satunya generasi millennial sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan saat-saat pandemi seperti sekarang ini. Generasi millennial pada saat ini berperan sebagai iron-stock bagi bangsa. Iron-stock merupakan manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak al-karimah untuk mengemban amanah di masa depan dan juga sebagai aset, cadangan, dan harapan bangsa untuk masa depan.

Untuk mendukung perubahan-perubahan sosial dan teknologi tersebut Prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor menyelenggarakan suatu ajang kompetisi bagi mahasiswa-mahasiswi dalam event UNIDA IS ME 5.0 2021 untuk mewadahi segala pemikiran, gagasan, kreatifitas dan inovasi. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) mahasiswa tingkat Perguruan Tinggi, Kampus UNIDA Gontor, dengan tema “Urgensi dan Implementasi Islamic Financial Technology (Fintech) di Masa Pandemi Covid-19”. Lomba Karya Tulis Ilmiah dilaksanakan pada hari Jum’at, tanggal 17 September 2021 pukul 14.00 WIB secara online yang telah disediakan platform zoom oleh panitia pelaksana.

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) ini diikuti oleh mahasiswa-mahasiswi Prodi Ekonomi Islam lintas semester Kampus UNIDA Gontor. Pra-syarat utama dari LKTI ini adalah peserta diwajibkan mengirimkan karya tulis ilmiah-nya sebelum batas waktu yang telah ditentukan, dengan memenuhi standar pedoman yang telah ditetapkan oleh panitia. Peserta yang lolos seleksi adalah peserta yang memenuhi dan mematuhi segala kriteria yang telah diputuskan oleh dewan juri. Selanjutnya bagi peserta yang lolos seleksi dipilih 4 finalis yang telah ditetapkan dan diputuskan oleh dewan juri, kemudian dipresentasikan di hadapan dewan juri secara online.

Lomba Karya Tulis Ilmiah dipandu oleh saudara Rofi Muzakki (mahasiswa Prodi Ekonomi Islam semester 3). Adapun rundown pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah ini dimulai dengan presentasi dan pemaparan hasil karya tulis ilmiah-nya oleh masing-masing finalis selama 15 menit dengan menampilkan media slide PPT sebagai media presentasi. Kemudian sesi berikutnya berupa pertanyaan, koreksi, saran dan penilaian oleh dewan juri dari selama 20 menit. Acara berlangsung selama 2 jam, dimulai dari jam 14.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB dengan penuh nuansa akademik.

Finalis pertama adalah Nurul Dwi Hastuti dan Tim, dengan Judul “EU-TREN (Elektronik UMKM Pesantren) Sebagai Upaya Optimalisasi Pengembangan UMKM Berbasis Pesantren dalam menghadapi Pembangunan Ekonomi Masa Pandemi Covid-19”.

Finalis kedua adalah Alfia Yuniarti, dengan Judul “Digital Banking: Aplikasi dalam Perbankan Syariah sebagai Sarana Pembayaran di Tengah Pandemi Covid-19”.

Finalis ketiga adalah Nahdiyah Istiqomah dan tim, dengan judul “Aplikasi GO-CSR (Good Organization-Corporate Social Responsibily) Sebagai wujud Implementasi Islamic Fintech di Masa Pandemic Covid-19”.

Finalis keempat atas nama Alda Rahma Pratiwi, dengan judul “Transaksi Mudah Masa Pandemi Covid-19”.

Alhamdulillah… pelaksanaan Lomba Karya Tulis Ilmiah dalam serangkaian acara UNIDA IS ME 5.0 2021 ini dilaksanakan dengan penuh keseriusan dan bernuansa akademik, baik dari peserta, dewan juri dan juga panitia pelaksana. Semangat dan antusias antara peserta dan dewan juri diwarnai dengan pertanyaan dan koreksi yang kritis serta saran yang ilmiah dan membangun membuat para peserta merasa terkesan. Harapannya dengan kegiatan pada masa pandemi ini memungkinkan mahasiswa-mahasiswi terdorong menjadi pribadi yang inovatif dan kreatif salah satunya melalui aktualisasi karya tulis ilmiah untuk menghadapi tantangan, modernisasi dan sebagai wujud perannya dalam upaya pembangunan ekonomi dan teknologi secara nasional. (Dandi, Rofi & Saiwan)

Leave a Comment