Desa Ngrogung, Kabupaten Ponorogo – Sabtu, 29 Agustus 2020 salah satu kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan oleh kelompok PPPUD Universitas Darussalam Gontor di Kampung Durian Desa Ngrogung, Ngebel Ponorogo kembali menggerakkan masyarakat terutama para Ibu-Ibu kelompok tani Karang Asri se-Desa Ngrogung, Kabupaten Ponorogo.

Kegiatan dilaksanakan sejak pukul 09.00 WIB dan selesai pada pukul 15.00 WIB dengan antusias yang dihadiri peserta pelatihan sebanyak 30 orang yang merupakan ibu – ibu kelompok tani Karang Asri di Kampung Durian.

Ketua tim penggerak ibu – ibu kelompok tani Desa Ngrogung, Ibu Windari berharap dengan diadakannya pelatihan ini dapat meningkatkan kreatifitas, ilmu membuat olahan buah durian dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dikalangan ibu-ibu Kampung Durian.

Dengan dilaksanakannya pelatihan pembuatan produk olahan buah hasil tani yang dilaksanakan di Balai Kampung Durian Ngrogung diharapkan mampu menyadarkan pentingnya keterampilan khususnya bagi para ibu dalam peningkatan ilmu pengolahan buah bisnis dan ekonomi keluarga.

Dengan banyak ilmu yang didapat, tentunya banyak manfaat salah satunya, membantu meningkatkan meningkatkan kreatifitas, ilmu dan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dikalangan wanita bisa dijadikan peluang bisnis yang menguntungkan nantinya.

Untuk pelatihan kue ini, ibu-ibu diberi materi dan teknik-teknik membuat kue yang benar oleh ibu Umi Hamamah sebagai tutor atau pelatih. Bahan-bahan mana yang berkualitas dan bisa membuat rasa kue yang enak dan lezat juga termasuk dalam materi pelatihan. Peserta pelatihan juga melakukan praktik dalam pembuatan kue dengan berbagi macam resep yang telah disediakan.

Dalam pelatihan ini peserta dilatih membuat roll cake, bolu, pie, wingko dan dodol duiran. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat membuat kue untuk keluarga sehingga tidak sampai membeli. Terlebih bisa sampai menjualnya sehingga dapat membantu ekonomi keluarga sampai pada meningkatkan kesejahteraan keluarga. Disamping itu dapat membangun rumah tangga yang aktif dan kreatif sehingga ibu-ibu mempunyai kegiatan yang positif.

Pelatihan ini menekankan pembuatan kue dengan menggunakan bahan dasar yang mudah didapat dan tidak menggunakan bahan yang bisa merusak kesehatan sehingga pelatihan membuat kue ini dinilai cukup bermanfaat bagi perkembangan desa Ngrogung, khususnya bagi ibu-ibu kelompok tani Karang Asri dalam membuat suatu karya kuliner.

Leave a Comment