Mantingan-Istirahatnya seorang manusia itu sesungguhnya didalam pergantian kegiatan yang dilakukannya. Program Studi Ekonomi Islam tidak akan pernah bosan dalam menumbuhkan rasa produktif mahasiswinya, seperti menyelenggarakan kegiatan Islamic Economics Competition (ISEC). Islamic Economics Competition (ISEC) adalah event yang berdiri dibawah naungan Himpunan Program Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Kampus Putri dan salah satu kegiatan tahunan Program Studi Ekonomi Islam.

Pada tahun ini Islamic Economics Competition diselenggarakan selama 3 hari, yaitu mulai hari Senin, 28 Desember 2020 dan ditutup pada hari Rabu, 30 Desember 2020, dengan tema “Akselerasi Peran Ekonomi Syariah untuk Menyongsong Indonesia Maju”. Kegiatan internal ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan mahasiswi dan juga sebagai ajang pelatihan dan pengembangan dalam olah dzikir, olah fikir dan olah rasa.

Buka Puasa Bersama Dosen Ekonomi Islam dan Seluruh Mahasiswi

Pembukaan Islamic Economics Competition (ISEC) sendiri dibuka dengan sederhana dan rasa kebersamaan yang begitu erat pada hari Senin, 21 Desember 2020 dengan Buka Bersama. Pembukaan sengaja diadakan secara terpisah dengan rentetan acara lainnya, karena padatnya kegiatan Universitas Darussalam Gontor Kampus Putri. Walaupun begitu, pembukaan masih tetap terasa khidmat dan semangat mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam  masih terjaga. Dengan para dosen yang tidak pernah bosan dalam memberikan motivasi untuk para mahasiswinya.

Dimulai hari pertama, yang dipenuhi dengan lomba LKTI,Vlog,Bussines Plan, Debat,Ranking 1. Dan pada hari kedua, diisi dengan lomba resensi buku dan yang terakhir untuk penyemangat, yaitu  lomba  Mama Mia (menyanyi).

Kegiatan Perlombaan ISEC 2020

Serta hari terakhir ditutup dengan Webinar Nasional dengan Narasumber, Al- Ustadz Mufti Afif, L.c., M.A., Kepala Program Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor dan Al-Ustadz Dr. Oni Sahroni, Lc., M.A. yaitu ahli Fiqh Muamalah dan Keuangan Syariah bersama moderator Mamluatus Sadiyah yakni, salah satu anggota GenBi Komisariat UNIDA Gontor. Dengan tema, “Ini Riba, Itu Bukan Riba”. Narasumber pun menyampaikan materi dengan jelas dan tuntas. Begitu pula dengan para peserta yang sangat tertarik dengan pembahasan Riba. Kesemangatan para peserta pun dapat dibuktikan dengan adanya beberapa pertanyaan yang dilontarkan pada sesi tanya jawab.

Webinar Tentang Riba Bersama Dr. Oni Sahroni

Dan diakhir acara, ditutup dengan pembagian hadiah untuk para pemenang Lomba Islamic Economics Competition (ISEC). Dan berikut para pemenang lomba, Juara I LKTI: Tiara Safanah, Fildzah Koirinah dan Alya Nur (Program Studi Ilmu Qur’an dan Tafsir), Juara 1 Vlog; Diventi Kiki,Sakinah Syahwie, Nilam Budi dan Sofia Arrohmah (Program Studi Pendidikan Agama Islam), Bussines Plan; Miranti Arum,Siti Rahayu  dan Nilna  (Program Studi Hubungan Internasional ), Juara 1 Debat; Helma Autarina, Ariena Dinana, Alma Istiqomah (Pendidikan Bahasa Arab), Juara Ranking 1; Atikah Inayah, Juara 1 Resensi Buku; Melda Nur Afifah (Hubungan Internasional), dan Juara 1 Mama Mia; Nurin Farzana dan Diah Sekar (Program Studi Tadris Bahasa Inggris). Selamat bagi seluruh pemenang see you next time in ISEC 2021. (Alfika)

1 Comment

Leave a Comment