Mantingan – Acara Islamic Economics Competition adalah acara yang diadakan Program Studi Ekonomi Islam disetiap tahunnya. Hanya saja, kali ini Islamic Economics Competition hadir dengan nama yang berbeda, yaitu Championship of Islamic Economics yang disingkat menjadi COMICS. Acara ini dimulai dengan pembukaan pada Jum’at, 7 Januari 2022. Tema COMICS kali ini adalah “Eksistensi Era Digital: Upaya Pemulihan Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi Covid-19”. Pembukaan COMICS dilakukan secara sederhana, yaitu dengan shalat berjamaah dan makan malam bersama seluruh keluarga besar Ekonomi Islam.

Pembukaan Championship of Islamic Economics Oleh Seluruh Keluarga Besar Ekonomi Islam
Finalis Debat Dalam Perlombaan COMICS

Setelah pembukaan, di hari selanjutnya diisi dengan lomba-lomba, adapun lomba yang dilakukan secara off air yaitu lomba debat, lomba cerdas cermat, dan bussiness plan, sedangkan lomba yang dilakukan secara on air adalah lomba poster, video, dan LKTI. Para finalis debat, cerdas cermat, dan bussiness plan pun diadu kembali di hari selanjutnya untuk menentukan pemenangnya.

Dihari terakhir, sebagai penutup kami mengadakan webinar dengan sambutan oleh Al-Ustadz Arie Rachmat Sunjoto, M.A. dan narasumber yang luar biasa, yaitu kak Huzni Mubarok, S.E. sebagai Presidium Nasional FoSSEI 2020-2021 dengan temanya yaitu “Akselerasi Digital UMKM Sebagai Pendukung Pemulihan Ekonomi Nasional” dan bapak Sudarmawan Samidi, Lc., M.Mgt. sebagai analis kebijakan divisi pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia dengan temanya yaitu “Peranan Sistem Pembayaran Digital dalam Ekonomi Syariah”. Bersama Siti Hudaibiyah Yahya selaku moderator dalam webinar kali ini. Materi yang diberikan oleh narasumber sangat menarik sehingga kami pun mendengarkannya dengan seksama.

Pembagian Hadiah Untuk Para Pemenang Lomba Oleh Al-Ustadz Arie Rachmat Sunjoto, M.A.

Setelah kedua narasumber selesai menyampaikan materi dan dilanjutkan dengan sesi pertanyaan, diakhir acara kami mengisi dengan pembagian hadiah untuk para pemenang lomba dalam Championship of Islamic Economics (COMICS). Berikut ini adalah para pemenang lomba, Cerdas Cermat: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Hukum Ekonomi Syariah, Debat: Program Studi Pendidikan Agama Islam dan Ilmu Komunikasi, Bussiness Plan: Program Studi Teknik Informatika dan Ilmu Komunikasi, LKTI: Program Studi Ekonomi Islam dan Ilmu Quran dan Tafsir, Video: Program Studi Ilmu Komunikasi dan Ilmu Quran dan Tafsir, Poster: Annisa Qirani dan Alfika Zahro. Demikianlah acara Championship of Islamic Economics berlangsung, semoga di tahun selanjutnya acara ini dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi. Aamin. (Wafi Amalia)