ei.unida.gontor.ac.id – Pada hari Ahad (21/11/2021) Dekanat Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor mendelegasikan 8 mahasiswa asing di acara “Sit in Class for Overseas Students (Batch 1)” yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan. Kegiatan “Sit in Class for Overseas Students (Batch 1)” ini merupakan langkah kongkrit sebagai pelaksanaan MoU antara FEM-UNIDA Gontor dengan FEBI-IAIN Pekalongan guna menjalin kerjasama dalam bidang penelitian, pengembangan ilmu, pertukaran mahasiswa, publikasi karya ilmiah, pengabdian kepada masyarakat, seminar, dan kegiatan lain.

Adapun tujuan terselenggaranya kegiatan ini, selain ditujukan untuk mempromosikan Pekalongan bagi mahasiswa luar negeri, kegiatan ini juga bertujuan untuk saling tukar pengalaman antara mahasiswa luar negeri peserta Sit in Class dengan mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan yang terumuskan dalam: 1). Transfer of Knowledge, 2). Transfer of Culture, 3). Transfer of Passion. Kegiatan yang akan diikuti oleh peserta Sit in Class for Overseas Students (Batch 1) antara lain: 1). Mimbar Akademik, 2). Economics Subject Sit in Class, 3). Focus Group Discussion (Indonesian & Overseas Culture), 4). City Tour (Museum Batik, Workshop Batik, Grosir Batik, Pelabuhan Pelelangan Ikan, Gapura Nusantara, dll.), 5). Seminar Moderasi Beragama, 6). Coffee Roasting & Genting Waterfall (Mengunjungi pengolahan produk lokal Kopi Tombo dan Air Terjun Genting), 7). Live in Islamic Boarding/Village (Mengikuti secara langsung kegiatan-kegiatan budaya ke-Islaman di kampung dan atau di pesantren

Delegasi mahasiswa asing dari UNIDA Gontor berjumlah 8 orang yang berasal dari lintas Program Studi dan Fakultas. Nama-nama mahasiswa tersebut adalah: 1). Muhammad Faiz bin Radiman/Prodi Manajemen (Malaysia), 2). Abdullah Ali Albaqir bin Januar Khairul Baka/Prodi EI (Asal Malaysia), 3). Oma Sukkaithin/Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Thailand), 4). Shareefurrohman Hoh/Prodi Hukum Ekonomi Syariah (Thailand), 5). Ridwan Cheyeng/Prodi Perbandingan Madzhab (Thailand), 6). Mohammad Zaim bin Syamsuri/Prodi Perbandingan Madzhab (Malaysia), 7). Muhammad Nasiruddin Bin Rosmandi/Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir (Malaysia), 8). Muhammad Arief bin Mohammad Quduri/Prodi Ilmu Qur’an dan Tafsir (Malaysia)

Hari Senin (22/11/2021) dilaksanakan pembukaan kegiatan oleh Rektor IAIN Pekalongan, Dekan FEBI IAIN Pekalongan dan sambutan serta pelepasan mahasiswa UNIDA Gontor oleh Wakil Rektor III Al-Ustadz Dr. Khoirul Umam, M.Ec. secara virtual:

 Dr. Shinta Dewi Rismawati, S.H., M.H. (Dekan FEBI IAIN Pekalongan)

1) Program sit in class for overseas students merupakan salah satu ikhtiar dari IAIN Pekalongan untuk meningkatkan performa menuju perguruan tinggi yang unggul. 2) Acara sit in class for overseas students sebenarnya sudah di rancah jauh jauh hari dari bulan februari 2021 dan akan di laksanakan pada sekitar bulan agustus 2021 dan dikarenakan adanya pandemi yang melonjak akhirnya di undur sampai November 2021. 3) Dekan FEBI IAIN Pekalongan mengenalkan mahasiswa mahasiswa peserta dari UNIDA yang mengikuti program sit in class for overseas students.

Dr. Khoirul Umam, M.Ec. (Wakil Rektor III UNIDA Gontor)

1) Program sit in class for overseas students merupakan awal bentuk kerjasama yang real antara UNIDA Gontor dan IAIN Pekalongan tentang culture exchange maupun knowledge untuk memperluas pengetahuan dan pengembangan mahasiswa. 2) Pesan Ustadz Khoirul Umam untuk memaksimalkan waktu yang ada selama Program sit in class for overseas students dia IAIN pekalongan untuk saling belajar dan mengenal tentang berbagai macam kultur yang ada di sana. 3) Harapannya ke depan ada program student exchange dari pihak UNIDA Gontor untuk menarik mahasiswa IAIN pekalongan untuk belajar di UNIDA Gontor.

Dr. H. Muhlisin, M.Ag. (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama)

1) Program sit in class for overseas students resmi di buka oleh Dr. H. Muhlisin, M.Ag (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama). 2) Program sit in class for overseas students merupakan salah satu kegiatan yang trategis sebagai salah satu kegiatan untuk tri dharma perguruan tinggi. 3) Kegiatan sit in class for overseas students mempunyai beberapa misi: yang pertama ukhuwah yaitu pentingnya memahami berbagai macam keberagaman budaya, ilmiah yaitu mahasiswa belajar bersama dan berkolaborasi dalam bidang akademik maupun non akademik.

Implementasi dari program pertukaran mahasiswa (Student Exchange) antara FEBI IAIN Pekalongan dengan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor yang dikemas dengan kegiatan “Sit in Class for Overseas Students (Batch 1)” ini, harapannya dapat berjalan dengan baik, lancar dan membawa berkah. Kehadiran mahasiswa asing UNIDA Gontor di kampus FEBI IAIN Pekalongan juga dapat menjadi media guna memperluas horizon akademis, baik bagi mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan maupun mahasiswa asing dari UNIDA Gontor. (Ahmad_Suminto)

Leave a Comment