Semarang – Kamis, 10 Februari 2022 adalah hari ke-4 dalam rangka acara Study Academic bagi mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam Semester 4 Universitas Darussalam Gontor. Acara dilaksanakan di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota semarang yang bertempat di Jl. Pemuda No.214, Sekayu, Kec. Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah 50132. Dilaksanakan pada pukul 13.00-15.30 WIB, yang disambut langsung oleh bapak Drs.Agus Wuryanto, M.Si yang menjabat sebagai Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Semarang.

Sambutan Oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro

Dalam kesempatan kali ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah Kota Semarang, menghadirkan suatu perubahan dalam sistem penyebaran informasi yang dapat diakses oleh masyarakat di belahan dunia manapun. Sebagai salah satu media informasi yang memberi potensi bagi masyarakatnya yang dikembangkan melalui website gulo asem dan masih banyak lagi. Dalam hal ini website yang sedang dikembangkan dapat memudahkan bagi para pihak yang memiliki kepentingan dalam menjalani bisnis dengan koperasi dan usaha mikro di kota semarang dapat berinteraksi secara langsung.

Dalam program yang dijalankan oleh Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah, Sampai saat ini sudah ada 28.000 pedagang yang mendaftarkan kedalam website tersebut. Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah juga membuka pendaftaran online BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) bagi pedagang yang memiliki kualitas barang bagus, tetapi tidak bisa bersaing secara luas. Cara-cara yang dilakukan diskop dalam membantu para usaha mikro adalah pendampingan, pelatihan, pemasaran dan pembiayaan. 

Dalam hal ini bapak Agus menyampaikan bahwa “Masyarakat yang mempunyai potensi dalam mengembangkan produknya tidak boleh disia-siakan begitu saja”. Masyarakat yang mendaftarkan dirinya untuk mengikuti program BPUM sebagian dari mereka memiliki kendala dalam pembiayaan. Maka pihak Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil memberikan biaya serta meningkatkan pemasaran mereka untuk menembus kualitas tingkat internasional.

Setelah bapak Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menyampaikan beberapa hal, dibukalah sesi diskusi dan tanya jawab yang disambut dengan antusias oleh para mahasiswi.

Dalam sesi penutupan beliau mengharapkan bahwa mahasiswi saat ini  dapat berkiprah secara langsung ke lapangan untuk meningkatkan kualitas produksi dan distribusi dalam hal usaha, serta memberikan kontribusinya dalam hal wirausaha untuk menjadikan indonesia maju baik dalam hal SDA maupun SDM nya. (Fikriyyatun Nabila)