Siapa bilang Indonesia tidak bisa dibanggakan? Negara tercinta kita ini telah melahirkan putra-putri bangsa yang menjadi ahli dalam berbagai bidang lho, Berbagai prestasi diraih oleh banyak putra-putri bangsa mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Tidak terkecuali dalam ranah Keuangan dan Ekonomi Syariah, Indonesia menjadi 10 besar dengan pertumbuhan Ekonomi Syariah terbaik di dunia! Di Indonesia, perkembangan Ekonomi Syariah memang telah mengalami kemajuan yang pesat. Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, menjadikan perkembangan yang sangat pesat di bidang ini. Hal tersebut terlihat dari banyak berkembangnya lembaga perbankan dan juga lembaga-lembaga Islam non-bank lainya, serta berkembangnya pembelajaran tentang Ekonomi Syariah yang diajarkan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia.

Berbagai fakta menarik perlu kamu ketahui terkait pertumbuhan Ekonomi Syariah di Indonesia. Bahkan, negara kita ini unggul dan berhasil menduduki posisi pertama di tingkat dunia.

5 Fakta Menarik tentang Ekonomi Syariah di Indonesia:

1. Indonesia berada di posisi pertama dan terbesar di dunia dari sisi jumlah perbankan syariahnya.

perlu kita ketahui, bahwa di Indonesia terdapat 13 bank umum syariah, 23 bank dengan unit usaha syariah, 164 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Syariah, 5.000 Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), dan + 40 asuransi syariah.

2. Indonesia berada di posisi pertama dan terbesar konsumen keuangan syariah di dunia.

Jumlah nasabah perbankan syariah menyentuh angka 17 juta nasabah dan nasabah asuransi syariah mencapai 3,5 juta, sehingga totalnya menjadi 20,5 juta. Jumlah ini sama dengan lima kali lipat jumlah penduduk di Singapura, enam kali lipat penduduk Selandia Baru, dan hampir sama dengan penduduk Arab Saudi.

3. Indonesia juga berada di posisi pertama dengan jumlah dewan pengawas syariah terbesar di dunia, sebanyak 238 orang yang sudah terserfikasi Level 1, lho!

4. Indonesia berada di posisi pertama dengan jumlah bankir syariah terbesar di dunia, dengan jumlah bankir syariah sebanyak 20.000 bankir. Wow, banyak banget ya!

5. Indonesia berada di posisi pertama dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak yang menawarkan Program Studi Ekonomi Syariah di dunia.

Leave a Comment