Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Hallo…! friends of Islamic Economics

Semoga sahabat EKIS Vocab dalam keadaan sehat wal-afiat, serta selalu dalam lindungan Illahi Rabbi… Allah SWT. Amin.

Perlu sahabat EKIS Vocab ketahui mungkin salah satu sebab mengapa literasi di bidang ekonomi Islam masih rendah adalah karena istilah-istilah yang digunakan pada ekonomi Islam masih kurang familiar. Yaaa…  karena istilah yang digunakan banyak menggunakan kosa kata Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

Seiring dengan perkembangan implementasi dan aplikasi sistem ekonomi Islam di Indonesia, semakin banyak istilah dan kata yang diambil dari bahasa Arab. Tak terkecuali dari aspek ekonomi Islam, baik itu dari ekonomi mikro maupun makro Islam, keuangan syariah, perbankan Islam hingga moneter Islam mulai banyak mengadopsi dan mempergunakan istilah dan kata yang diserap dari Bahasa Arab dan Bahasa Inggris dalam setiap aplikasinya.

Naaahh… bagi kalian mahasiswa, khususnya mahasiswa EKIS yang ingin mengembangkan pengetahuan dan wawasan khususnya literasi di bidang ekonomi Islam, baik untuk tujuan meningkatkan studi atau untuk wawasan akademik harus sangat familiar nih…. dengan beberapa konsep dan istilah dalam ekonomi Islam.

Sahabat EKIS Vocab, berikut ini disajikan 5 istilah pengantar yang umum digunakan di bidang ekonomi Islam, untuk meningkatkan literasi kita khususnya di bidang ekonomi Islam.

Rasanya tidak cukup kaaan… kalau hanya dibaca dan dilafalkan saja?

Selanjutnya pada sesi #1 EKIS Vocabulary Day’s ini wajib untuk dihafalkan guna meningkatkan kompetensi bagi sahabat EKIS Vocab menuju calon ekonom Muslim yang memiliki literasi luas.

Bagi sahabat mahasiswa non-EKIS meskipun istilah di atas ini tidak familiar dan tidak diajarkan sebagai aspek materi di kurikulum kalian, tidak ada salahnya untuk dibaca guna meningkatkan kompetensi multi-literasi.

Selamat membaca dan ikuti terus edisi berikutnya, semoga kita sehat-sehat selalu…

Leave a Comment