Yuk…! Intip Keunikan DEKS Bank Indonesia

Jakarta-Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (17/03/2019). DEKS (Departemen Ekonomi dan Kauangan Syariah) merupakan salah satu departemen di Bank Indonesia yang konsen di bidang ekonomi dan keuangan syariah, ini menunjukkan bahwasanya Bank Indonesia benar-benar serius dalam upaya mengembangkan industri keuangan syariah di Indonesia. Dalam hal ini DEKS mengembangkan tiga pilar utama antara lain pendalaman pasar keuangan syariah, pengembangan ekonomi syariah, serta assesment resiko dan edukasi ekonomi syariah.

DEKS memiliki budaya kerja yang unik dan tentunya sangat ispiratif, inilah yang membedakan diantara departemen lainnya di lingkungan Bank Indonesia.

Breafing pagi bersama bapak Dadang Muljawan di Kantor DEKS 

Briefing, sharing, and praying, Berbeda dengan instansi lain rasa breafing di DEKS memiliki keunikan tersendiri, keunikan briefing di DEKS berkumpulanya seluruh pegawai dan staf, mereka membuat formasi persegi panjang dengan seorang pemimpin sekaligus menjadi sentralnya. Apapun yang dirasakan dan dialami oleh pimpinan bisa dibagi pada forum, dari mulai hal yang kecil dan sederhana, tapi hal tersbut justru dapat memberikan inspirasi kepada lainnya. Seperti hasil survei beberapa pegawai ke Desa Cibuliar, Pompa Air, Kangen Anak, sampai asal usul nama lengkap pribadi. Unik bukan?, dan tentunya sebelum melakukan aktivitas harian selalu diawali dengan doa bersama, agar apa yang dilakukan pada hari  e bawa keberkahan.

DCS bersama Asisten Direktur bapak Rifki ismail di ruang rapat DEKS

DCS (DEKS Considerable Studies), Hal ini semacam kajian exclusive dengan beberapa tokoh penting di DEKS seperti bapak Bambang Himawan (Deputi Direktur) dan bapak Rifki Ismail (Deputi Direktur), topik yang dibahas pun bermacam-macam, seperti Perekonomian yang hidup, Stabilitas Sistem Keuangan Islam, dan Repo Syariah. Ternyata ilmu ekonomi sudah banyak dibahas dalam Al Quran maka kita perlu mengkaji lebih dalam dan berulang-ulang.

Mini Table, Terdapat sedikit keunikan yang banyak orang menganggap ini suatu hal yang sepele dan ini jarang dimiliki oleh departemen lain. Di DEKS ada sebuah meja kecil yang letaknya disamping dispenser, didepan ruangan Ibu Jardine A. Husman (Asisten Direktur) dan Ibu Diana Yumanita (Asisten Direktur), uniknya diatas meja kecil itu selalu ada makanan dari mulai yang berat sampai cemilan yang memang sengaja disediakan untuk seluruh pegawai oleh beberapa pegawai yang ingin membagi sedikit rezekinya kepada teman-teman di kantor. Hal ini mencerminkan jiwa kesosialisan dan keharmonisan keluarga kecil di DEKS tersebut.

Teaching, Kenapa disebut pengajaran? Karena biasanya anak magang disuruh untuk membantu pekerjaan pegawai di instansi tersebut, berbeda halnya di DEKS ini. Uniknya di departemen ini ketika bapak dan ibu pegawainya meminta bantuan pasti dengan kata minta tolong yang disertai dengan penjelasan yang seringnya kita belum tahu akan hal tersebut. Maka sebagai anak magang jadi lebih tahu tentang sesuatu yang belum dipahami secara mendalam sebelumnya.

Semangat dan bermanfaat, “Hidup itu harus Kerja Keras, Kerja Cerdas, Kerja Ikhlas, dan Jujur, serta jangan lupa untuk melangkah”. Uniknya lagi di DEKS ini para pegawainya bekerja bukan hanya bekerja saja, melainkan mereka memiliki misi yang sama untuk lebih bermanfaat, khususnya dalam mengembangkan perekonomian yang syariah di Indonesia.

Cukup menginspirasi bukan, semoga dari sharing DEKSinibisa menambah wawasan dan ketertarikan para pembaca khususnya temen-temen ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor. (Isna/ed. Huda)

3 Comments

Leave a Comment