Workshop Penyusunan Dokumen SPMI Online

Share
Suasana Workshop Penyusunan Dokumen SPMI Online (15/04/20)

Ditengah-tengah keresahan virus COVID-19, banyak dari instansi pendidikan yang terpaksa untuk diliburkan, sehingga proses pembelajaran dan kegiatan lainnya terhenti, dan mereka melaksanakan proses pembelajaran secara online. Berbeda halnya dengan UNIDA, dengan segala kebijakan yang ada UNIDA tidak mengambil jalan untuk meliburkan dosen dan mahasiswanya, dan tetap melakukan proses pembelajaran dan kegiatan lainnya seperti biasa dengan beberapa peraturan khusus terkait dengan wabah COVID-19.

Pada hari Rabu dan Kamis 15-16 April 2020, Kepala Bagian Penjaminan Mutu UNIDA Gontor Dr. Mohammad Muslih, MA. memberikan arahan dan membuka secara resmi kegiatan Workshop Penyusunan Dokumen SPMI Online. Workshop yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Manajemen ini dihadiri oleh seluruh dosen dari Program Studi Ekonomi Islam dan Program Studi Manajemen Bisnis di Hall Hotel Universitas Darussalam Gontor. Dengan adanya Workshop Penyusunan Dokumen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi diharapkan agar dapat memahami konsep SPMI & Total Quality Management (TQM) secara tepat. Peserta akan dibimbing merumuskan filosofi Continuous Improvement kedalam berbagai dokumen SPMI yang meliputi Kebijakan Mutu, Manual Mutu PPEPP, Prosedur dan formulir.

Dalam rangka upaya mencapai budaya mutu di perguruan tinggi, salah satunya dengan menjalani siklus SPMI secara Continuous Quality Improvement. Salah satu sendi untuk menopang budaya mutu, maka Kepala Bagian Penjaminan Mutu UNIDA Gontor menciptakan salah satu instrumen evaluasi diri secara online, untuk membantu program studi agar dapat lebih memahami atau mengukur kemampuan SPMI masing-masing Program Studi. Instrumen ini juga merupakan alat manajerial yang bisa memonitor pencapaian program dan rencana pengembangan, serta membantu para auditor dalam melakukan audit mutu internal sesuai dengan kapasitas standar perguruan tinggi terhadap SNDikti, serta penyajian data dan informasi SPMI.

Setelah mengikuti Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) pada hari 1 dan 2, peserta diharapkan dapat:

  1. Memahami filosofi SPMI, TQM dan Continuous Improvement.
  2. Memahami fungsi dan peran penting berbagai dokumen SPMI.
  3. Mampu menyusun Kebijakan SPMI, Manual PPEPP, Standar SPMI, Prosedur dan Formulir.
  4. Membangun Budaya Mutu. Pengembangan pola pikir, pola sikap, pola perilaku sesuai standar Dikti.
  5. Mampu melaksanakan audit mutu internal secara profesional, independen, dan objektif.
  6. Mampu mengidentifikasi bahwa kegiatan proses pendidikan telah/belum sesuai dengan standar SPMI yang telah ditetapkan.
  7. Mampu mengidentifikasi lingkup perbaikan dan mengembangkan secara berkelanjutan.

{irwansyah}

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*