ei.unida.gontor.ac.id – Pada Semester Gasal Tahun Akademik 1442/2021 Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyelenggarakan Workshop Pengenalan “Karya Tulis Ilmiah” Perdana, Selasa, 29 Juni 2021. Acara bertempat di Aula Gedung CIES (Centre for Islamic Economic Studies) lantai 2, yang dihadiri oleh 20 mahasiswa Prodi Ekonomi Islam Semester 1.

Acara ini diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam sebagai rangkaian pelaksanaan RKAT (Rencana Kegiatan dan Anggaran Tahunan) 1442/2021 di bidang peningkatan mutu akademik mahasiswa. Output dan sasaran utamanya adalah mahasiswa memiliki pengetahuan dasar tentang pembuatan karya tulis ilmiah dengan baik dan benar serta sesuai dengan standar etika dan kaidah penulisan. Kemudian mahasiswa mampu mengaplikasikannya pada tugas-tugas akademik seperti penulisan makalah, essay, atau karya ilmiah lainnya yang layak diterbitkan pada jurnal penelitian.

Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A. (Kaprodi Ekonomi Islam)

Workshop diawali dengan pembukaan oleh Al-Ustadz Mufti Afif, Lc., M.A., selaku Kaprodi Ekonomi Islam. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan pentingnya menulis karya ilmiah di ranah akademisi. Sekarang ini negara-negara barat menyebarkan ideologi, doktrin, dan bahkan paham-pahamnya melalui tulisan kemudian dipublikasikan. Kalau negara-negara barat saja mampu berbuat demikian, mengapa kita tidak bisa?

Bahwa karya tulisan yang kita ciptakan dapat kita nikmati sampai kita tua nanti dan riwayat tulisan itu bisa menjadi amal jariyah. Terakhir Ustadz Mufti memberikan satu contoh sesuatu yang ilmiah kepada peserta workshop:

| “Contoh karya yang sangat ilmiah adalah hadits”

Menurut beliau hadits diriwayatkan oleh perawi secara muttawatir dan ber-sanad, itu menunjukkan betapa ke-ilmiahan sebuah hadits sehingga kebenarannya tidak diragukan lagi.

Materi workshop kali ini diisi oleh lima pemateri dari Dosen-dosen Prodi Ekonomi Islam, yang berlangsung selama satu hari dari pukul 08.00 – 15.30 WIB. Alhamdulillah workshop berjalan dengan khusuk, antusias serta banyak diwarnai rasa penasaran oleh mahasiswa, karena mereka masih awal dan pemula untuk menerima materi-materi yang disampaikan. Sehingga dalam kesempatan ini banyak hal-hal ditanyakan kepada pemateri.

Materi pertama disampaikan oleh Al-Ustadz Ahmad Suminto, S.H., M.E. dengan tema “Pengenalan Karya Tulis Ilmiah. Materi yang disampaikan meliputi: Definisi karya tulis ilmiah, perbedaan ilmiah dan non-ilmiah, karakteristik, manfaat, tujuan, sistematika, sampai pada jenis-jenis karya tulis ilmiah.

Sasarannya mahasiswa mampu mengenali dan menanamkan mindset pentingnya pengetahuan dasar mekanisme penulisan karya ilmiah. Serta membekali pengetahuan dasar bagaimana membuat tulisan melalui metode ilmiah dengan memenuhi standar etika serta kaidah keilmuan yang baik dan benar. Sehingga tercapai hasil tulisan (penelitian) yang dapat diakui secara akademik.

Selanjutnya materi ke-dua diisi oleh Al-Ustadz Musyaffak Kholil, M.E., dengan tema “Plagiarisme dan Cara Pencegahannya”. Dalam kesempatan ini Ustadz Musyaffak menyampaikan pentingnya penulisan karya ilmiah salah satunya dengan tidak mem-plagiasi karya orang lain. Kemudian fokus materi yang disampaikan yaitu cara mengutip sumber referensi dengan metode yang baik dan benar. Selain itu juga dijelasakan bagaimana cara mencegah terjadinya plagiat berikut alternatif ilmiah, karena bahaya plagiat membuat karya seseorang tidak diakui secara akademik dan bahkan bisa diberikan sanksi non-akademik.

Materi ke-tiga disampaikan oleh Al-Ustadz Meichio Lesmana, S.E., M.E., dengan tema “Penulisan Makalah”. Ke depan mahasiswa baru (semester satu) akan sering dan disibukkan dengan penulisan makalah sebagai bentuk tugas-tugas mata kuliah di kelas. Maka output dan sasarannya ke depan adalah mahasiswa mampu menulis makalah dengan baik dan benar serta memenuhi kaidah atau pedoman yang berlaku. Materi yang disampaikan meliputi: Kaidah penulisan makalah sesuai dengan pedoman penulisan yang berlaku di Perguruan Tinggi. Penggunaan sumber referensi dari buku, jurnal, artikel, koran, seminar. Penggunaan sumber referensi dari internet; website, blogg dan wordpress, Penulisan catatan kaki, foot-note dan daftar pustaka.

Kemudian materi ke-empat diisi oleh Al-Ustadz Nusa Dewa Harsoyo, M.A. dengan tema “Pengenalan Artikel/Jurnal”, yang disampaikan melalui akun zoom meeting room. Adapun materi yang disampaikan adalah cara mendownload jurnal nasional dan internasional, metode membaca dan me-review jurnal, serta pengenalan aplikasi mendelay. Output dan sasarannya adalah mahasiswa mampu mencari sumber referensi yang kredibel dan akurat melalui Emerald Insight; Discover Journals, Books and Case Studies (internasional) dan google scholar (nasional).

Dengan terselenggaranya workshop pengenalan “Karya Tulis Ilmiah” ini, semoga benar-benar dapat meningkatan mutu dan kualitas akademik mahasiswa secara umum. Khususnya kepada mahasiswa Prodi Ekonomi Islam semester 1 harapannya dapat mengaplikasikan pengetahuan dasar yang diperoleh selama workshop ke tugas-tugas akademik maupun non-akademik di lingkungan Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor. (Suminto, Ahmad)

Leave a Comment