Workhsop Kuan-Kual Semester 3, kepoin yukk!!!

PONOROGO – Program Studi Ekonomi Islam semester 3  Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor sukses mengadakan workshop Kuan-Kual (Kualitatif-Kuantitatif) pada Senin, 16 September 2019. Workshop ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester 3 program studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor kampus Siman dan Rabithah. Acara yang diselenggarakan di hall lantai 3 Gedung Utama Baru dimulai pada jam 19.45 WIB dengan pemateri adalah Ustadzah Atika Rukminastiti yang merupakan dosen sekaligus sekretaris departemen Ekonomi Islam UNIDA Gontor.

Walaupun peserta worksop tersebut masih duduk di bangku semester tiga, namun acara ini sangat penting diselenggarakan demi mempersiapkan para calon wisudawan  ekonom rabbani 2022 nanti dalam penulisan naskah skripsi.

“Saya memang menginginkan diadakannya workshop kuan-kual ini. Tujuannya agar kalian mengenal kulitatif dan kuantitatif sebagai jenis pendekatan penulisan dalam skripsi,” kata ustadzah Atika saat mengawali workshop di depan para peserta, Senin (16/9/2019).

Ustadzah Atika saat menjadi pemateri workshop kuan-kual

Selain itu, acara workshop kuan-kual ini sebagai sarana menambah ilmu metodologi bagi para peserta. Meskipun di kelas regular terdapat mata kuliah metodologi penelitian, tetapi tidak menjamin semua metode yang ada dalam penelitian akan disampaikan.

Lagi pula, paradigma menuntut ilmu dalam dunia mahasiswa tidak hanya tergantung oleh materi yang didapat dalam kelas saja, tetapi juga harus aktif dinamis mencari ilmu-ilmu baru di luar kelas melalui berbagai sumber ilmu, salah satunya adalah workshop.

“Kalian akan selalu memperoleh sesuatu yang baru dalam workshop, dari pada yang ada dalam kelas,” ujar ustadzah Atika sebelum masuk dalam subtansi materi workshop.

“Maka, pada malam ini kita akan bahas secara agak detail, tapi tenang saja, tidak akan sedalam statistika kok,” tambahnya, diikuti gelak ketawa para peserta. (Atha)

1 Comment

Leave a Comment