Warung vs Mini market, Kamu Lebih Sering Jajan di Mana?

Dalam perekonomian, juga dikenal istilah retail atau yang lebih akrab disebut dengan perdagangan eceran. Bisnis Retail di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup pesat pada beberapa tahun terakhir ini, dengan berbagai format dan jenisnya. Hal ini diakibatkan oleh adanya perkembangan usaha manufaktur dan peluang pasar yang cukup terbuka, maupun upaya pemerintah untuk mendorong perkembangan bisnis retail melalui peraturan pemerintah dan undang-undang.

Selain Pasar Modern dan Pasar Tradisional, ada juga istilah Retail Modern dan Retail Tradisional. Adapun contoh dari Retail Modern adalah Alfamart, Indomaret dan juga Minimarket lain yang menyerupainya. Sedang contoh dari Retail Tradisional adalah toko kelontong, warung tradisional dan juga toko-toko kecil yang membuka usaha di depan rumahnya.

Barang yang dijual di Retail Modern maupun di Retail Tradisional tidaklah berbeda, mulai dari kebutuhan rumah tangga harian, makanan ringan dan minuman. Namun pada kenyataannya masyarakat lebih memilih berbelanja di Retail Modern daripada di Retail Tradisional, dengan berbagai pertimbangan, seperti kenyamanan, kebersihan dan kualitas barang yang terdapat di Retail Modern.

Maka untuk selanjutnya bagaimanakah Pengaruh Toko Ritel Modern Terhadap Pendapatan Pedagang Tradisional dalam Perspektif Ekonomi Islam, Anda bisa lihat di link http://ejournal.umm.ac.id/index.php/JES/article/view/5830 

(Andi Triyawan/Ed.ARM)

Leave a Comment