Semarang – Tempat kunjungan yang keempat yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah yang beralamatkan Jl. Pahlawan No.4 Semarang. Disana kami disambut dengan hangat oleh bapak dan ibu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah. Kunjungan ini dilakukan pada Rabu, 9 Februari 2022 pada pukul 09.30. Disana kami dijelaskan bagaimana fungsi dan program kerja dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, juga mengenai visi dan misi dari Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah. Dibuka dengan sambutan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, dilanjutkan dengan sambutan dan tujuan kunjungan dari dosen pembimbing yaitu Al-Ustadz Imam Haryadi, S.H.I., M.S.I.

Penyampaian Materi Mengenai Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Dalam Dinas Perindustrian dan Perdagangan itu sendiri terdapat beberapa bagian, diantaranya adalah bidang standarisasi dan perlindungan konsumen, bidang industri agro, bidang industri non agro, bidang perdagangan dalam negeri dan bidang perdagangan luar negeri. Selain itu, adapun Unit Pelaksana Teknis Dinas yaitu Balai Industri Logam dan Kayu, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Surakarta, Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Semarang, Balai Industri Produk Tekstil dan Alas Kaki, dan Balai Industri Kreatif Digital dan Kemasan. Setelah pembicara menyampaikan materi, kami dipersilahkan untuk bertanya beberapa hal mengenai Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Penyerahan Cinderamata Kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah

Adapun diskusi dan tanya jawab telah berlangsung, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan sebagai penghargaan. Setelah itu diteruskan dengan perfotoan bersama dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yaitu memakai masker dan menjaga jarak. (Wafi Amalia)