UNIDA IS ME 3.0 Ajang Olah Fikir antar Kampus di Ponorogo

PONOROGO – Usai sudah serangkaian perhelatan Islamic Economic Event yang bertajuk “UNIDA IS ME 3.0”. Kegiatan perlombaan ini merupakan agenda rutin tahunan program studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) kampus Siman. Uniknya, pada tahun ini  Islamic Economic Event telah memasuki tahun ke-tiga; yang bertindak sebagai panitia adalah semester tiga; dan terdapat tiga kategori yang diperlombakan, yaitu : cerdas cermat, debat, dan call for paper.

Perlombaan UNIDA IS ME 3.0 ini dibuka langsung oleh Ustadz Iqbal Imari mewakili Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen, pada Kamis, 19 September 2019 di hall CIOS. Sedangkan, serangkaian perlombaan Unida Is Me 3.0 diselenggarakan keesokan paginya.

Dalam sambutannya, ustadz Iqbal menekankan pentingnya ukhuwah Islamiyahpada perlombaan ini.

“Lomba ini bukan sekedar menang dan kalah. Hal yang lebih penting adalah merajut ukhuwah Islamiyah di antara kita,” paparnya dalam acara pembukaan UNIDA IS ME 3.0, Kamis (19/9/19)yang dikemas acara seminar entrepreneurship “Menumbuhkan jiwa entrepreneurship untuk menjadi pengusaha muda yang kreatif dan inovatif ”

Sambutan dari dosen Ekonomi Islam al-ustadz Iqbal Imari pada seminar entrepreneurship sekaligus pembukaan UNIDA IS ME 3.0 di Hall CIOS UNIDA, Kamis (19/9/2019)

Tidak hanya diikuti oleh antar kampus UNIDA, acara ini juga dimeriahkan oleh kehadiran kampus-kampus yang ada di regional Ponorogo dan sekitarnya. Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Ponorogo mengirimkan empat tim dengan rincian dua tim cerdas cermat dan dua tim debat Ekonomi Islam. Sedangkan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo menyertakan lima tim yang terdiri dari satu tim untuk call for paper, dua tim cerdas cermat, dan dua tim debat.

Selain dari kedua kampus tersebut, Institut Agama Islam Sunan Giri (INSURI) Ponorogo mengutus satu tim cerdas cermat. UNIDA Kampus Rabithah juga turut serta dengan mengutus dua tim cerdas cermat, dua tim debat, dan satu tim call for paper. Tak kalah dengan kampus yang lain, UNIDA Kampus Siman sebagai host juga mengirimkan dua tim call for paper, dua tim cerdas cermat, dan dua tim debat.

Delegasi dari berbagai kampus di Ponorogo dan sekitarnya dalam kategori lomba cerdas cermat UNIDA IS ME 3.0

Sama halnya seperti tahun-tahun sebelumnya, pada sore harinya telah dapat diketahui pemenang dari setiap kategori lomba. Pengumuman dan penyerahan juara lomba ini dilakukan bersamaan dengan kegiatan seminar “Peran Generasi Milenial dalam Perkembangan Pasar Modal di Era Industri 4.0” yang dibawakan langsung oleh bapak Dian Fajar dari kantor Bursa Efek Indonesia Surabaya.

Seminar Pasar Modal dan Penutupan UNIDA IS ME 3.0 oleh bapak Dian Fajar

Di pengujung acara seminar, master of ceremony membacakan para pemenang dari tiap kategori lomba. Hasilnya, UNMUH Ponorogo berhasil menyabet dua gelar juara di kategori lomba debat dan cerdas cermat. Sedangkan, IAIN Ponorogo sukses menggondol gelar juara pada perlombaan call for paper dan merebut posisi kedua dalam perdebatan sengit melawan UNMUH Ponorogo.

Di sisi lain, UNIDA Kampus Siman sebagai host harus puas meraih dua posisi runner up masing-masing di kategori lomba cerdas cermat dan call for paper.

Pembagian award kepada pemenang lomba UNIDA IS ME 3.0

Namun, hal yang perlu diingat adalah bahwa dengan berakhirnya UNIDA IS ME 3.0 ini bukan lah akhir dari perlombaan yang diselenggarakan UNIDA Kampus Siman. Akan tetapi, UNIDA IS ME ini merupakan ajang warming up bagi kepanitian perlombaan di Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor. Jauh lebih prestise dan bergengsi, nantinya sekitar bulan Februari 2020 akan diselenggarakan acara Faculty of Economics and Management Festival (FEMFEST) yang bertaraf internasional.

“Ingat! UNIDA IS ME ini bukan lah akhir dari perlombaan. Ini hanya pra perlombaan saja, karena nanti bulan Februari 2020 akan ada FEMFEST. Jadi, persiapkan diri kalian, ajak serta teman-teman di kampus kalian untuk mengikuti FEMFEST,” tutur Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor, ustadz Khoirul Umam, Jum’at (20/9/19) sekaligus menutup serangkaian kegiatan UNIDA IS ME 3.0 (Atha)

1 Comment

Leave a Comment