Ujian TOAFL Prodi EI – tes kemahiran mahasiswa dalam Berbahasa Arab

Sabtu, 12 September 2020 – UNIDA Gontor merupakan Perguruan Tinggi Islam yang memperhatikan pembelajaran bahasa Arab. UNIDA Gontor memiliki kurikulum pembelajaran yang khas yaitu mewajibkan seluruh mahasiswa mampu berbahasa Arab secara aktif dan pasif. Hal itu diimplementasikan dalam berbagai peraturan akademik dan kepesantrenan.

Oleh sebab itu, UNIDA Gontor memerlukan instrumen penilaian yang baku dan terstandar agar dapat menilai tingkat kemampuan bahasa Arab mahasiswa. Salah satu instrumen penilaian tersebut ialah alikhtibar.com Alikhtibar adalah brand tes bahasa Arab yang dikembangkan oleh Lembaga Bahasa UNIDA Gontor.

Mahasiswa Prodi EI semester 1 melangsungkan ujian TOAFL melalui alikhtibar.com

Terdapat tiga kemahiran yang diuji pada tes TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) ini, diantaranya: 

–  Maharatul istima’: bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami percakapan bahasa Arab dalam konteks akademik, seperti diskusi dan pertemuan kelas.

  • Qawa’id: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam memahami struktur kalimat dan penggunaan qawa’id yang tepat.
  • Maharatul Qira’ah: Bagian ini mengukur kemampuan peserta dalam membaca dan memahami teks akademik dalam bahasa Arab.


Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam semester 1 melaksanakan Ujian TOAFL serempak di Ruang Multimedia Gedung Utama Lantai 3 yang dipandu oleh staf pengurus Lembaga Bahasa UNIDA Gontor. 


Sedangkan standar Nilai TOAFL dari Pusat Bahasa UNIDA Gontor adalah 60. Mahasiswa yang mendapatkan Nilai dibawah 60 diangap belum lulus dan harus remidi Ujian tersebut hingga dia dinyatakan lulus.

Beberapa mahasiswa dengan skor tertinggi diantaranya, Muhammad Ali Ramadhan dengan skor 91, Ahmad Syauqy Zaidan dengan skor 85, Muhammad Taufikurrahman dengan skor 83.

Ujian TOAFL ini diharapkan menjadi penilaian kemampuan bahasa Arab yang terstandar bagi 

mahasiswa. Sehingga bisa menjadi evaluasi dan pengembangan diri terhadap kemampuan bahasa Arab. [Aqif]

Leave a Comment