TPA AL-ABROR RAIH JUARA UMUM DALAM FESTIVAL ANAK SHOLEH DAN SHOLEHAH 2019

Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor merupakan universitas di bawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor. Sama halnya dengan universitas lainnya di Indonesia, UNIDA Gontor juga mengamalkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; serta Pengabdian kepada masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Departemen Pengabdian Masyarakat UNIDA Gontor mengadakan agenda rutin tahunan, yaitu Festival Anak Sholeh dan Sholehah antar Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Se-Ponorogo pada hari Ahad, 13 Oktober 2019. Acara yang diselenggarakan di kampus UNIDA Siman ini diikuti lebih dari 400 peserta yang tergabung dalam 13 TPA binaan UNIDA Gontor ditambah TPA An-Nur Tegalsari, Islamic Center Selahung, dan Nahdhatul Tholibin.

Ke-16 TPA tersebut bertarung dalam 16 kategori lomba, yakni lomba hasta karya, majalah dinding, nasyid, hadrah, koor, cerdas cermat, fashion show muslimah, dan pidato. Selain itu ada pula lomba sholat jama’ah, tartil al-Qur’an, mewarnai, kaligrafi, adzan, tahfidz, dan wudhu.

Salah satu penampilan peserta FALAH 2019 dalam kategori lomba nasyid

Festival ini dimulai dari pukul 8 pagi hingga berakhir menjelang shalat dzuhur.

Setelah seluruh kategori telah diperlombakan, semua peserta festival ini beserta para pihak yang terkait berhenti sejenak guna melaksanakan shalat dzuhur dan makan siang.


Salah satu penampilan peserta FALAH 2019 dalam kategori lomba shalat berjama’ah

Selepas itu, panitia penyelenggara segera mengumumkan juara masing-masing kategori perlombaan hingga juara umum. Selain juara dari masing-masing perlombaan, terdapat tiga kategori ‘ter’ yang turut pula meramaikan perlombaan ini. Ada kategori TPA Terfavorit, TPA Terdisiplin, dan TPA Terkompak.


Salah satu penampilan peserta FALAH 2019 dalam kategori lomba adzan dan iqamah

TPA Al-Abror keluar sebagai juara umum pada Festival Anak Sholeh dan Sholehah tahun ini setelah paling banyak menjuarai masing-masing kategori perlombaan. Sedangkan, kategori TPA terkompak disematkan kepada TPA Al-Barokah.

Pada kategori TPA terdisiplin berhasil diraih oleh TPA Darul Hikmah. Sedangkan, kategori terfavorit berhasil disabet oleh TPA Darussalam.

Semoga dengan diadakannya acara-acara semacam ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya para pelajar TPA yang merasakan langsung pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa UNIDA Gontor dalam rangka mengamalkan sunnah Pondok Modern Darussalam Gontor sekaligus membantu UNIDA Gontor dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dalam hal ini adalah pengabdian kepada masyarakat. [A.M.Muhammad]

Leave a Comment