UNIDA Gontor – Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) – Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor menyambut kunjungan segenap tim jajaran dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL) – IPB University pada hari Kamis, 1 Desember 2021. Dalam kunjungan tersebut membahas tindak lanjut rencana kerjasama join research, pengabdian, penelitian, dan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Segenap jajaran tim dari IPB University diterima langsung oleh Wakil Rektor III UNIDA Gontor, Dr. Khoirul Umam, M.Ec. dan jajaran Dekanat Fakultas Ekonomi dan Manajemen UNIDA Gontor Dr. Hartomi Maulana, M.Sc., Wakil Dekan I Dr. Iqbal ‘Imari, M.S.I., dan Wakil Dekan II M. Kurnia Rahman Abadi, S.E., M.M.

Kunjungan ESL-IPB University dan FEM UNIDA Gontor di Aula Rektorat

Kerjasama antar Perguruan Tinggi saat ini menjadi sangat penting dikarenakan perubahan iklim ilmu pengetahuan yang begitu mudah untuk di akses, salah satunya melalui Kampus Merdeka. Dalam kunjungan ini, rombongan ESL IPB terdiri dari Ketua Departemen ESL, Dr. Ir. Ahyar Ismail, M.Agr. dalam sambutannya menyampaikan:
“Kami berharap dapat terjalin kerjasama dalam program kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta mampu menciptakan peluang publikasi, ke depannya semoga kami dapat menjalin kerjasama dengan UNIDA Gontor baik dalam bidang pengabdian, penelitian, KKN dan publikasi.”

Departemen ESL-IPB University mengusulkan beberapa kerjasama yang bisa dilakukan antara IPB University dengan UNIDA Gontor, diantaranya beberapa usulan tersebut disampaikan oleh Dr. Eka Intan Kumala Putri, M.Sc. selaku Kepala Divisi Ekonomi Lingkungan Departemen ESL-IPB University menyampaikan usulan riset sebagai berikut:

  1. Valuasi Sumber Daya Air di Lahan Kering dan Kritis dalam Rangka Ketahanan Pangan di Kabupaten Ponorogo.
  2. Feasiblity Studi Sumber daya Air Local: Pengembangan Embung Desa.
  3. Pengembangan Hutan Rakyat untuk Penguatan Resiliensi Ekonomi Rumah Tangga Pedesaan dan Cadangan Karbon di Ponorogo Selatan.

Kemudian Sekretaris Departemen ESL-IPB University Dr. Meti Ekayani Shut, M.Sc. menyampaikan usulan publikasi dan riset sebagai berikut:

  1. Food Waste Behaviour and Religion.
  2. Beyond Sustainable Tourism in Ngebel.
  3. Perilaku Food Waste saat Perayaan Agama dan Budaya.
  4. Economic Value of Non Timber Product in Ngebel Ponorogo for Community Lifelihood.
  5. Potensi Pengembangan Wisata Kuliner Halal di Ponorogo.