TawangmanguArrahtu fii tabaadulil al a’maal , ini merupakan ungkapan yang sarat akan makna bagi para mahasiswi UNIDA. Libur telah tiba, setelah melewatti masa-masa semester gasal yang diakhiri dengan UAS (Ujian Akhir Semester) yang begitu panjang dan tentunya masih tetap dimasa pandemi. Libur tetap ada akan tetapi seluruh mahasiswi tidak diperbolehkan untuk pulang kerumah mereka masing-masing, begitupula yang dirasakan oleh santri KMI. Seketika itu muncul ide kreatif dari mahasiswi untuk mengadakan kegiatan Academic Vocation and Leadership Training. Jumat-Sabtu (22-23/10/2021) berlokasi di daerah Tawangmangu dan Sarangan. Acara ini bertujuan untuk membentuk karakter pemimpin yang baik masa yang akan datang, membentuk karakter mahasiswi yang berjiwa interpreunership, membangun teamwork, dan tadabbur alam. kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswi semester satu sampai lima yang berjumlah 50 mahasiswi, staff, dosen-dosen pembimbing Ekonomi Islam dan keluarga, Kegiatan ini tidak hanya sekedar bersenang-senang, melainkan diadakan juga pelatihan dasar-dasar kepemimpinan. Pelatihan tersebut diselingi dengan game yang berbaur dengan alam yang dibawakan oleh para dosen tercinta. Sehingga suasana asyik, ceria dan tidak membosankan dalam kegiatan pelatihan tersebut.

Leadership Training oleh ust Achmad Fajaruddin, M.A.

Kegiatan ini dibagi menjadi 6 sesi, yaitu: Membentuk Karakter Pemimipin, Character Building, We are Great Leader, Pendalaman Prodi dan Kelembagaan UNIDA, Starting Point Interpreneurship, dan Sharing Session. Di malam harinya, diisi dengan bakar-bakar sebagai malam kebersamaan. Lokasi bakar-bakar terletak di halaman depan villa kita menginap. Ikan, jagung, dan sosis, menjadi 3 menu bakar-bakar pada saat itu. Kilauan lampu hias pohon di malam yang gelap menjadi pendamping kita sepanjang kegiatan bakar-bakar. Disamping bakar-bakar adapun sharing season oleh para dosen pembimbing, sehingga setelah pelatihan, 3 menu bakar telah siap disantap dan dinikmati.

Leadership Training oleh ust Miftahul Huda, M.E.

“Seorang pemimpin harus berjiwa besar, harus menjadi contoh, ingat 4 T: Tafakkur, Tadabbur, Tadzakkur, dan Tasyakkur

Keseruan Peserta Leadership Training

Setelah matahari terbit, dilakukan dengan jogging dan senam bersama seluruh dosen, staff, dan mahasiswi. Di lokasi tempat kita menginap, terdapat bukit camp yang menyediakan berbagai wahana adventure seperti atv, cross, kuda, dsb. Sehingga para teman-teman Ekonomi Islam juga bisa menikmati wahana tersebut setelah senam bersama. Hari itu juga terdapat sharing season mengenai penuangan ide-ide guna pelaksanaan PKM. Sehingga pagi itu, menjadi pagi terakhir kita berada di villa tersebut.

Sharing Season Sebelum Kegiatan Academic Vocation di Sarangan

Telaga sarangan menjadi lokasi terakhir vocation kita hari itu. Di lokasi tersebut, kita dipersilahkan menikmati segala wahana dan fasilitas yang tersedia seperti speed boat, berkuda, dsb. Beberapa dari para mahasiswi juga menikmati kuliner dan berbelanja oleh-oleh. Berbagai pelajaran dan wawasan dapat kita ambil dari economic vocation dan having fun ini. Kekeluargaan di setiap lokasi kunjungan semakin tercipta antara para teman-teman dan dosen sekalian. Sehingga kunjungan seperti ini perlu sesekali dilakukan karena telah memberikan manfaat diantara kita semua. (Nanda Aulia)