Taujihat Persiapan Menghadapi Ujian Tengah Semester Gasal (UTS) 2019

Ujian untuk belajar bukan belajar untuk ujian. Prinsip yang di budayakan di Gontor telah melekat pada jiwa mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, bahwa kita belajar bukan sekedar untuk menjawab pertanyaan ujian. Lebih dari itu, menuntut ilmu untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kehidupan, untuk menjawab segala perlawanan pemikiran sesat yang tak sesuai dengan ajaran islam. Islamisasi ilmu pengetahuan sudah menjadi dasar pelajaran mahasiswa bukan berarti Islam sebagai agama pendatang dan merubah dasar-dasar ilmu, tapi Islam menjawab segala kerusakan-kerusakan pemikiran, segala kekeliruan pendapat dan pada hakikatnya semua ilmu berasal dari Tuhan yang maha Esa. Oleh karna itu, menuntut ilmu tanpa di seimbangi iman yang kokoh dan pendekatan muamalah dengan Allah SWT akan sulit mendapatkan kebenaran nilai-nilai ilmu tersebut. Ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tak akan diberikan kepada mereka yang bermaksiad

Pada Kamis malam 15 Agustus 2019 Al-ustadz Dr. Mohamad Latief, M.A. telah memberikan beberapa taujihat di Gedung Utama Baru lt 1 kepada seluruh mahasiswa Universitas Darussalam Gontor. Beberapa poin penting yang di sampaikan terkait taujihat adalah Ilmu adalah Khazanah, kunci dari banyak ilmu adalah bertanya. Banyak bertanya juga sudah menjadi adat pelajar santri maupun mahasantri di Gontor. Orang yang ingin maju dan berkembang haruslah banyak bertanya tentang ilmu pengetahuan. Selain bertanya sebagai mahasiswa dan juga pemuda generasi bangsa haruslah banyak gemar membaca. Indonesia yang menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara yang minat membaca adalah bukti krisisnya generasi gemar membaca di negara Indonesia dan menjadi kenyataan sulitnya negara kita berkembang, oleh karna itu sebagai mahasiswa sudah selayaknya membaca, menulis dan diskusi menjadi keseharian dari kegiatan di kampus. Dan mengurangi hal-hal yang kurang bermanfaat untuk di lakukan.

Ujian tengah semester di laksanakan pada hari Sabtu 17 Agustus 2019 sampai dengan Kamis 22 Agustus 2019. Dengan ini Mahasiswa Universitas Darussalam Gontor meminta do’a untuk kelancaran dan diberikan yang hasil yang terbaik pada ujian kali ini. Tiada yang bisa di harapkan kecuali ridho Allah SWT dengan berdo’a minta do’a dan mendo’akan.

(Akmal Fauzan)

Leave a Comment