Studi Akademik Prodi Ekonomi Islam Semester 2 di Bandung

S

Bandung-Kunjungan Studi Akademik adalah salah satu bentuk penyelenggaraaan proses pembelajaran bagi mahasiswa Ekonomi Islam Khususnya semester 2 Universitas Darussalam Gontor melalui kegiatan pengamatan langsung dan diskusi kepada BAZNAS dan UMKM. kunjungan ini bertujuan untuk menambah wawasan serta pengalaman bagi peserta Studi Akademik itu  sendiri.

Diawali dengan kunjungan ke BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Jawa Barat yang diketuai oleh salah satu Alumni Gontor beliau adalah Al Ustaadz KH.Arif Ramdhani,Lc.MH ,sebagaimana yeng telah diketahui BAZNAS merupakan satu dari dua lembaga zakat yang Sah menurut UU No 23/2011/Pengelolaan Zakat,BAZNAS adalah lembaga amil zakat yang bertugas untuk mengumpulkan dan menghimpun zakat  lalu menyalurkanya kepada yang berhak menerimanaya sesuai degan tuntunan syariah islam,selain itu BAZNAS juga menerima dan menyalurkan Infaq dan Sedekah terkecuali Waqaf,adapun salah satu sistem pengumpulan zakat BAZNAS jawa barat yang menarik adalah Payroll System.kerja Payroll System ini bekerja sama dengan bank jawa barat (BJB) Syariah,dengan cara menyisihkan  gaji PNS di jawa Barat sebanyak 2,5% untuk dizakatkan melalui BAZNAS.

Pemaparan tentang BAZNAS oleh ketua umum Provinsi Jawa Barat

Kunjungan selanjutnya adalah Pabrik Tahu Susu Lembang yang terletak  di daerah lembang,Bandung,jawa Barat.Pabrik tahu susu lembang telah berdiri sejak Desember 2008 dan memiliki kelebihan yang berbeda dari yang lainya karena mengunakan susu sapi murni dan margarine sehingga tahu ini renyah di luar dan lembut didalam. Selain itu tahu susu ini diawetkan dengan bahan alami sehingga sehat dan higenis. Untuk penjualan tahu susu ini dijual seharga Rp 25.000,- perbungkusnya, dimana setiap bungkus terdapat sepuluh potong tahu. Adapun untuk penjualan tahu susu tersebut masih dalam penjualan dalam negeri dan belum sampai keluar negeri dikarenakan bahan pengawetnya berbahan alami sehingga tidak memungkinkan untuk tahan lebih lama.

pengenalan tata cara produksi tahu susu lembang

            Tujuan akhir dari Studi Akademik/Economic Tour adalah berkunjung ke Rupa Rupi Handycraft. Rupa Rupi Handycraft adalah UMKM swasta yang dipimpin langsung  oleh salah satu alumni gontor. Rupa Rupi Handycraft menjual serba serbi kerajinan tangan yang sudah dijual sampai keluar negeri. Keunikan dan kelebihan Rupa Rupi Handycraft ini adalah dari segi system penjualannya, yaitu menggunakan system penjualan 4.0, dimana setiap produsen atau penjual di Rupa Rupi Handycraft wajib menjualkan barangnya melalui aplikasi online, sehingga memiliki keunikan tersendiri dari toko yang lainnya.


pemberian kenang-kenangan pembimbing akademik

By:Aqiel Baihaqi & Albar Gunawan

Leave a Comment