SPS Perdana Mahasiswi Ekonomi Islam Kampus Putri: “Warming up for Thesis”

Mantingan-Penulisan skripsi di lingkungan Program Studi Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor ini memiliki beberapa tujuan utama, di antaranya adalah (1) Tujuan pendidikan dan pengajaran. Yaitu membentuk mahasiswa yang mampu memadukan pengetahuan dan pegalaman akademiknya serta nilai-nilai Islam dalam bentuk karya ilmiah sesuai bidangnya, yaitu Ekonomi Islam, (2) Tujuan penelitian dan pengembangan. Yaitu untuk membentuk mahasiswa yang mampu memecahkan permasalahan secara ilmiah dengan menggunakan teori dan metode yang relevan sebagai upaya menghasilkan gagasangagasan yang segar/genuine, solutif dan Islamis, (3) Tujuan akademik administratif. Yaitu produk ilmiah yang dapat dikomunikasikan kepada masyarakat umum melalui berbagai media yang dapat menunjukkan bidang keahlian seorang sarjana Ekonomi Islam.

Seminar Proposal Skripsi (SPS) merupakan kegiatan pemaparan proposal skripsi antar mahasiswa Ekonomi Islam di depan tim pembimbing SPS yang telah ditunjuk oleh prodi Ekonomi Islam dan mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, bersifat terbuka. Sedangkan Ujian Proposal Skripsi (UPS) merupakan kegiatan pemaparan proposal skripsi di depan para dosen tim pembimbing seminar proposal dan bersifat tertutup.

Pada hari ini Sabtu, 25 Juli 2020, Program Ekonomi Islam Kampus Putri mengadakan SPS perdana untuk para mahasiswi semester 7, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswi Ekonomi Islam semester 7 baik itu reguler maupun non reguler beserta seluruh dosen Ekonomi Islam kampus putri. Pada kesempatan ini mahasiswi yang beruntung untuk mempresantisakn proposalnya sebanyak 3 mahasiswi, mereka adalah Rekno Juminten dengan judul “Implementation of Islamic Marketing Mix at Sweet Sundae Home Industry Yogyakarta”, Bunga Wahyu Santika dengan judul “Construction of Islamic Economics Thought Abu Ubaid and Relevance to The Modern Economy”, dan yang terakhir adalah Chindy Chintya Cahya dengan judul “The Influence of Non-Cash Transactions on Consumption Pattern of The Muslim Community in Madiun City Using The Maqashid Syariah Index (MSI)”.

Banyak masukan dari dosen pembimbing, wisudawati, dan beberapa dari mahasiswi semester 7. Tentunya ini menjadikan warming up tersendiri bagi para mahasiswi untuk terus berpacu dalam menyelesaikan penulisan tugas akhir ini. Motivasi dan support yang terus mengalir dari dosen-dosen pembimbing menjadikan amunisi tersendiri bagi para mahasiswi. Semangat selalu skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai tepat waktu. (M.Huda)

Leave a Comment