Mantingan-Tanpa terasa satu bulan telah terlewati, terjadinya pandemi Covid-19 atau Novel Corona Virus yang saat ini sedang terjadi di Indonesia bukan penghalang untuk mahasiswi Ekonomi Islam Universitas Darussalam Gontor dalam melaksanakan kegiatan Studi Praktek Lapangan (SPL). Berbagai bidang dasar ilmu ekonomi yang digunakan untuk sarana latihan dan pengenalan dunia kerja, dengan harapan mahasiswi Ekonomi Islam dapat memperluas wawasan dan pengalaman setiap individu dimasa yang akan datang setelah menempuh pendidikannya di perguruan tinggi.

Pemberian Cinderamata Kepada Annisa Bakery

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 25 Februari-25 Maret 2021, diikuti oleh seluruh mahasiswi semester 6 yang berjumlah 16 orang. Pelatihan lapangan ini dilaksanakan diberbagai sektor yang masih dibawah naungan Pondok Modern Darussalam Gontor dan Universitas Darussalam Gontor baik diluar maupun didalam pondok. Unit Usaha yang menjadi sasaran tempat Studi Pengayaan Lapangan terbagi menjadi 9 . Unit Usaha tersebut terdapat di 3 tempat yaitu pertama, Gontor Putri 1, seperti Mini Market la-Tansa, Annisa Bakery, Annisa Chicken Noodle. Kedua, Unit Usaha Unida seperti, Prodi/Mini Bank. Malikah Fotocopy, Malikah Bakery, Malikah Food Corner. Ketiga, Unit Usaha diluar kampus, seperti Roya Mart La-Tansa dan Toko Bangunan La-Tansa.

Pemberian Cinderamta Kepada Unit Usaha UNIDA

Diakhir penutupan Studi Pengayaan Lapangan Mahasiswi Program Studi Ekonomi Islam terdapat pesan penting yang memiliki pengaruh dalam kehidupan kita “Menjadi orang berakhlaq dan beretika jauh lebih penting dari pada orang berilmu. Karena banyak dari para koruptor mereka adalah orang yang berilmu tapi mereka tidak memiliki etika” Ujar Ust Fajaruddin, M.A selaku dosen Program Studi Ekonomi Islam.  Singkatnya seperti ini, para koruptor tentunya adalah mereka yang memiliki jabatan dan orang berjabatan pastinya memiliki ilmu tapi belum tentu orang tersebut berakhlaq. Banyak orang berilmu bisa menjadi jahat tapi orang yang berakhlaq tidak akan pernah mengingkari pedomannya.

Alhamdulillah pada kesempatan ini mahasiswi Ekonomi Islam diberi kesempatan dalam satu bulan ini untuk memperoleh kerja nyata menganalisis disetiap unit usaha yang telah ditentukan prodi serta menganalisis laporan keuangan dan bagaimana strategi pemasaran dalam membangun keunggulan bersaing dan bertahan pada saat pandemi seperti ini. Pada saat melakukan Studi Praktek Lapangan (SPL) Mahasiswi Ekonomi Islam memperoleh pembimbing baik dari unit usaha maupun pembimbing dari program studi.

Pada akhir Studi Praktek Lapangan (SPL) mahasiswi Ekonomi Islam diwajibkan memberikan laporan tertulis dan hasil kerja selama satu bulan mengenai kegiatan Studi Praktek Lapangan (SPL) serta dipresentasikan dihadapan tim penguji untuk memperoleh penilaian.(Fitra)

Leave a Comment