Sidang Skripsi Perdana Mahasiswa Ekonomi Islam kampus Pusat

Share

Ditengah keadaan dunia yang sedang diselimuti oleh pandemi COVID 19 membuat berbagai pihak khususnya lembaga pendidikan membuat keputusan luar biasa.  Universitas Darussalam Gontor merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang berbasis pesantren, dimana seluruh mahasiswanya wajib berasrama dan dengan adanya pandemi Covid 19 ikut serta bersama sama dalam meningkatkan kewaspadaannya melalui pendekatan hikmatis dan filosofis bahkan mempercepat masa ujian dan liburan lebih awal dari biasanya. Pendekatan hikmatis dilakukan dengan mendekatkan diri kepada Allah dan membaca Qunut Nazilah dalam rakaat terakhir setelah ruku’ pada setiap shalat berjama’ah 5 waktu. Sedangkan pendekatan filosofis yaitu mengikuti keputusan dari badan atau lembaga terkait.

Ditengah keadaan tersebut, Ahad 5 April 2020, telah digelar acara sidang perdana skripsi yang diselenggarakan oleh Program Studi Ekonomi Islam kampus Siman, Fakultas Ekonomi dan Manajemen Universitas Darussalam Gontor. Suasana yang menegangkan bagi mahasiswa yang akan mempertanggungjawabkan penelitiannya sebagai perjuangan akhir untuk menempuh gelar sarjana Ekonomi Islam. Acara sidang skripsi perdana ini dinantikan oleh para dosen Ekonomi Islam terlebih lagi bagi mahasiswa Ekonomi Islam semester 8 angkatan 2016 khususnya Siman dan Gontor. Karena, Prodi lain baik di Siman maupun cabang telah terlebih dahulu menyelenggarakan ujian skripsi.

Sidang perdana Mahasiswa Ekonomi Islam 2016 unik karena Ketua Sidang yang merupakan dosen pembimbing skripsi Al Ustadz Iqbal Imari, M.S.I tak bisa menghadiri sidang mahasiswanya karena sedang berada di luar kota dan tidak diperkenankan meninggalkan tempat sebagaimana anjuran Rektor Universitas Darussalam Gontor Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, MA. Adapun, penguji pertama Al Ustadz Dr. Syamsuri, M.Sh sekaligus membuka sidang skripsi perdana dan penguji kedua  Al Ustadz Alfan Rumasukun, M.E. Sedangkan, mahasiswa pertama yang diuji ialah Muhammad Agus Waskito dengan topik penelitian terkait dengan peran kelompok afinitas dalam meningkatkan kesejahteraan dalam perspektif Maqashid Syariah.

Acara ini diselenggarakan secara tertutup di Meeting Hall, CIES Building Universitas Darussalam Gontor. Teknisi sidang skripsi penguji 1 langsung mempersilahkan mahasiswa yang bersangkutan untuk mempresentasikan hasil analisa selama kurang lebih 10 menit dan sesi diskusi, tanya jawab, oleh kedua penguji sidang. Berdasarkan hasil diskusi para penguji, mahasiswa dinyatakan lulus dengan predikat memuaskan dan harus menyelesaikan revisi dalam jangka waktu 1 pekan.

Terakhir, acara ditutup dengan perfotoan antara penguji dan mahasiswa didepan kantor fakultas. Semoga dengan diadakannya ujian perdana ini mampu memberikan motivasi yang besar kepada calon wisudawan dan wisudawati lainnya khususnya Ekonomi Islam untuk segera menyelesaikan tugas akhirnya, dan semoga ilmu yang diperoleh selama menjalani proses pendidikan di Universitas Darussalam Gontor dapat bermanfaat bagi agama dan masyarakat, serta dengan diraihnya gelar sarjana semakin memotivasi untuk mengabdi kepada bangsa dan negara. Aamiin

[M.A.Waskito]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*