Seminar Rutin TEMA: Lembaga Keuangan Syari’ah

Kajian rutin selalu berjalan Seminar rutin pun juga harus berjalan agar mahasiswi berwawasan luas, Tepatnya di akhir bulan September ini tanggal 30 lalu, kami mengadakan seminar rutin dibawah naungan HMP (Himpunan Mahasisiwi prodi) yang bertemakan “ Lembaga Keuangan Syari’ah”. Seminar ini diisi oleh beberapa dosen Ekonomi Islam sebagai pembicara dan dengan pembicara yang berbeda-beda dan dengan tema yang berbeda-beda juga.

Dimulai pada siang hari pukul 2 dengan pembicara pertama oleh Al-Ustadz Arie Rachmat Sunjoto yang membicarakan tentang Bank Syari’ah, Setelah mengetahui berbagai prinsip yang dijalankan bank syariah dalam upayanya untuk tetap berada dalam aturan-aturan syariah, yang juga perlu diketahui adalah manfaat dari adanya bank syariah, termasuk dari penggunaan produknya, Keberadaan bank syariah menjadi sinyal positif bagi yang ingin mengamalkan prinsip syariah, termasuk dalam urusan finansial. Kemudian pembahasan selanjutnya dengan tema Reksa Dana Syari’ah yang disampaikan oleh Al-Ustadz Mufti Afif, Reksadana syariah adalah jenis investasi di mana keseluruhan prosesnya memenuhi syarat halal, ”Keunggulan utama dari reksadana syariah adalah, tidak perlu mempersiapkan dana besar untuk memulai investasi. Beberapa keunggulan reksadana Stari’ah berikut layak untuk dipertimbangkan sebagai sebuah investasi yang menguntungkan dan halal tentunya” begitulah beberapa kutipan yang disampaikan oleh Al-Ustadza Mufti Afif dalam pembahasan kedua.

Dan pembicara terakhir oleh Al-Ustadz Andi Triyawan M.A. dengan tema Modal Ventura Syari’ah. Yang mana beliau membahas apakah itu  Modal Ventura Syariah, “yaitu usaha pembiayaan melalui kegiatan investasi dan/atau pelayanan jasa yang dilakukan oleh Perusahaan Pembiayaan Syariah untuk jangka waktu tertentu dalam rangka pengembangan usaha pasangan usaha yang dilaksanakan berdasarkan prinsip syariah”, dengan semangat beliau mengisi seminar pada siang hari ini, dan mahasiswi terbawa atas kesemangatan beliai dalam penjelasan ini.  Seminar ini dihadiri oleh seluruh mahasisiwi Ekonomi Islam dan beberapa mahasiswi Unida Putri lainnya, seminar ini diadakan guna menambah pengetahuan bagi para mahasisiwi tentang perbankan syari’ah itu sendiri, dan pada seminar ini terdapat sesi tanya jawab yang mana seluruh mahasiswi yang hadir berhak bertanya guna menambah wawasan atas apa yang belum diketahui.

 

Leave a Comment