Semarak PORSENI MTs se-Provinsi Jawa Timur di UNIDA Gontor

Share

(Rabu, 23/10/2019) Dalam bentuk partisipasi dan dukungan Universitas Darussalam Gontor sebagai perguruan tinggi Islam berbasis pesantren, Kementrian Agama berkolaborasi bersama UNIDA Gontor melaksanakan kegiatan PORSENI (Pekan Olahraga dan Seni) MTs Se-Provinsi Jawa Timur 2019. Para peserta adalah siswa-siswi Sekolah Madrasah Tsanawiyah yang merupakan delegasi dari masing-masing kota dari seluruh daerah Jawa Timur. Adapun perlombaan yang diadakan di Ruang Kelas Lantai 3 Gedung Terpadu Universitas Darussalam Gontor kali ini diantaranya:

Lomba Tahfidz Qur’an

Pada perlombaan ini para peserta diuji kemampuan hafalan Qur’an 5 Juz, Surah-Surah Pendek, dan sambung ayat oleh Dewan Juri. Kriteria penilaian dalam perlombaan ini adalah ketepatan menjawab dan menyambung ayat, kaidah tajwid serta makharijul huruf.

Lomba Tilawah Qur’an

Pada lomba ini para peserta diuji kemampuannya dalam seni tilawah Qur’an, dengan kriteria penilaian diantaranya: keindahan nada suara, kaidah tajwid dan juga makharijul huruf

Lomba Pidato 3 Bahasa: Arab, Inggris, Indonesia

Pada lomba ini peserta diharuskan menyampaikan pidato dalam 3 bahasa yaitu Arab, Inggris, dan Indonesia selama lebih kurang 7 menit dihadapan dewan juri, sesuai dengan tema yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya. Aspek penilaian yang dinilai pada lomba ini adalah intonasi suara, mimik dan ekspresi, konten pidato, gaya bahasa, dan kemampuan menarik audiens

Lomba Tahfidz Qur’an PORSENI MTs Provinsi Jawa Timur 2019

Para peserta PORSENI MTs Se-Jawa Timur ini juga didampingi oleh panitia, guru, serta orang tua yang turut memberikan dukungan kepada mereka untuk percaya diri dan bersemangat dalam mengikuti kompetisi ini. Tidak hanya itu, diharapkan setelah partisiapasi dari acara ini dapat memberikan bekal ilmu pengetahuan qiro’ah qur’an, skill dan ketrampilan, serta kemampuan public speaking yang baik.

(Zaimudin Al-Mahdi)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*