SEMARAK! INILAH RENTETAN ACARA PEKAN MAHASISWA HAWARI 2020

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam (HMP-EKIS) UNIDA Gontor memiliki hajatan besar di akhir kepengurusan periode 2019/2020. Walaupun di penghujung masa jabatan, ini tidak mengurangi semangat para mahasiswa semester 5 dalam mengadakan rentetan acara selama satu minggu terhitung dari tanggal 5 September 2020 sampai 10 September 2020. Kesempatan semacam inilah yang dimanfaatkan para calon penyandang gelar purna jabatan ini untuk memberikan persembahan terakhir dalam kepengurusan mereka.

Dalam persembahan terakhirnya, HMP-EKIS UNIDA Gontor Kampus Siman merumuskan suatu acara yang bertajuk “Pekan Mahasiswa Hawari 2020”. Acara pekan mahasiswa ini merupakan salah satu wadah untuk membekali seluruh Mahasiswa Keluarga Besar Ekonomi Islam UNIDA Gontor umumnya; Mahasiswa Ekonomi Islam Semester 5 khususnya sebagai pengurus aktif Himpunan Mahasiswa Prodi dan event organizer; Mahasiswa Ekonomi Islam Semester 3 sebagai calon pengurus; serta Mahasiswa Ekonomi Islam Semester 1 sebagai Anggota muda Himpunan Mahasiswa Prodi Ekonomi Islam.

Selaras dengan nama kegiatan tersebut, goals dari kegiatan ini adalah sebagaimana terbalut dalam tema kegiatan yaitu mencetak ekonom Robbani Berjiwa Hawari yang berjuang tangguh demi tercapainya Kesejahteraan Umat yang utuh. Capaian tersebut merupakan suatu keniscayaan bagi mahasiswa EKIS UNIDA Gontor sebagai agent of change yang berladang juang di bidang ekonomi. Untuk itu, pemahaman kuat tentang keislaman, keorganisasian, dan kepemimpinan serta mental juang yang militan diperlukan untuk merealisasikan tujuan mulia tersebut.

Adapun Berjiwa Hawari dapat diasosiasikan kepada sekelompok orang yang memiliki loyalitas tinggi terhadap nabi Isa as. (baca: Hawariyyun) dalam menegakkan agama Allah di tengah-tengah pengkhianatan yang dilakukan oleh kelompok besar (baca: Bani Israel). Keterbatasan personil tidak membuat semangat juang Hawariyyun padam dalam menolong dan membela sesama, orang-orang lemah, orang  sakit (yang tidak memiliki kemampuan mengikhtiari kesehatannya), serta yang terpenting adalah memperingatkan kaum Yahudi agar tidak membuat sebab kesenjangan sosial. Perjuangan Hawariyyun dalam menghapus kesenjangan sosial tersebut menjadi sorotan tajam Keluarga Besar EKIS UNIDA Gontor secara umum, khususnya Pengurus Aktif HMP EKIS sebagai penyelenggara kegiatan ini yang berjumlah 12 personil, sama banyaknya dengan jumlah  Hawariyyun. Untuk itu, HMP EKIS UNIDA Gontor menginisiasi terselenggaranya “Pekan Mahasiswa Hawari” yang diejawantahkan dalam bentuk Leadership Camp, Musyawarah Besar, Perfotoan Tahunan, Promnight Hawari Awards, serta Rentetan Pergantian Pengurus HMP EKIS UNIDA Gontor yang semuanya itu merupakan upaya untuk menjalin ukhuwah yang lebih kuat dan membekali para peserta dalam segi keorganisasian, kepemimpinan, serta berbagai soft skill sebagai nilai tambah dalam peningkatan kualifikasi sebagai mahasiswa Ekonomi Islam.

[A.M.Muhammad]

Leave a Comment