Indonesia telah resmi keluar dari resesi ekonomi pada quartal 2 2021. Jika kita nostalgia kembali perkembangan ekonomi Indonesia, pada tahun 2019 perekonomian Indonesia masih adem ayem tentrem berjalan lancar. Namun pada quartal 2 2020 ketika covid-19 menyerang pada akhir tahun 2019 yang berbagai bentuk pembatasan-pembatasan dibentuk oleh pemerintah menjadikan ekonomi Indonesia turun menjadi -5,32. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami pemulihan selama 4 quartal berturut-turut selama tahun 2020 walaupun masih dalam keadaan minus atau negatif. Dan akhirnya pada quartal 2 tahun 2021 ekonomi Indonesia naik sebesar 7,07% bila dibandingkan dari quartal 2 tahun 2020.

Yang mendukung kenaikan ekonomi Indonesia adalah Industri Manufaktur yang bisa menjaga kestabilan konsumsi Indonesia walaupun memang sedikit demi sedikit. Kemudian kegiatan ekpor impor yang mana terjadi peningkatan dalam kegiatan ekspor Indonesia kepada mancanegara.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan kenaikan harga komoditas pasar global yang mana ekspor Indonesia berkinerja baik, adapula Investasi yang diperkirakan pada tahun 2020 meningkat di luar dugaan mencapai angka sekitar 800 triliyun. belanja pemerintah atau government spending juga mampu mengatur dan mempertahankan tekanan dari akibat covid-19. (Nanda Aulia)