Sahabat Inspirator: “Trip to Village”

Demak-Tanggal 13-15 Desember 2019 di adakannya acara pengabdian masyarakat Inspirator Trip to Village , dimana  acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Sahabat Inspirator Indonesia Chapter Semarang (IICS) yang berlokasi di Ds. Tamansari,  Kec. Mranggen, Kab. Demak, Jawa Tengah. Salah  satu desa di  kabupaten Demak yang berbatasan dengan kota Semarang ini memiliki berbagai potensi yang cukup baik dalam pengembangan SDM. IICS merupakan salah satu komunitas yang berkomitmen dalam membangun bangsa dan mengembangkan kapasitas pemuda diseluruh Indonesia dengan pemanfaatan potensi di tiap daerah. “Inspirator Trip To Village 2019” merupakan salah satu program yang  ditawarkan Sahabat Inspirator Indonesia Chapter Semarang (IICS) yang mengajak  pemuda dan pemudi di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, kesehatan, perekonomian dan lingkungan.

rakor antar devisi kegiatan  IICS

Peserta yang berpartisipasi dalam acara Inspirator Trip To Village 2019 adalah 50 para mahasiswa terpilih yang berasal dari seluruh Universitas di Indonesia. Finalis Inspirator Trip To Village 2019 sebagai delegasi Universitas Darussalam Gontor sejumlah 5 mahasiswi finalis adalah: Pertama, Nur Fadillah dari Program Studi Ekonomi Islam, Kedua, Alifia Novianti dari Program Studi Ekonomi Islam, Ketiga, Nada Fitria dari Program Studi Manajemen Bisnis, Keempat, Haznelly Maisya dari Program Studi Manajemen Bisnis, dan Kelima, Deka Ismayanti dari Program Studi Pendidikan Agama Islam.

Kegiatan Penyuluhan Ecobrick

Adapun tujuan di adakannya acara ini ialah : Pertama, Membantu dalam pembangunan sumber daya manusia atau masyarakat dalam bidang fasilitas pendidikan, ekonomi, kesehatan dan pengolahan lingkungan. Kedua, Memberikan pemahaman dan motivasi bagi penduduk lokal Desa Tamansari khususnya anak-anak muda untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi guna masa depan yang lebih baik. Ketiga, Mewadahi keterlibatkan relawan dalam memecahkan permasalahan sosial. Keempat, Memberdayakan pemuda Indonesia, khususnya wilayah Semarang dan  sekitarnya untuk mengembangkan diri melalui kegiatan kerelawanan

Divisi-divisi kegiatan Inspirator Trip To Village 2019, Pertama Bidang Pendidikan dimana didalamnya terdapat Inspirator Mengajar, Inspirator Mengaji, TBM (Taman Baca Masyarakat) Inspiratif. Kedua Bidang Sosial dan Lingkungan didalamnya meliputi Penanaman 1000 Bibit Bunga, Penyuluhan dan Edukasi Pemanfaatan Sampah, Clean Up Day, Screening Film Edukasi Sampah dan Perubahan Iklim. Ketiga Bidang Ekonomi dan Parawisata didalamnya meliputi Sosialisasi tentang Ekonomi Kreatif, Penyuluhan dan Edukasi Pemanfaatan Kuliner Desa. Keempat Bidang Kesehatan didalamnya meliputi Cek Kesehatan Gratis, Donor Darah, dan Penyuluhan Kesehatan.

Kgeiatan Penanaman 1000 Bibit Pohon

Acara diawali dengan pembukaan oleh Ketua Umum acara Inspirator Trip To Village dan malam hari dilanjutkan dengan acara perkumpulan seluruh peserta antar divisi-divisi yang dibimbing oleh panitia-panitia. Hari kedua, kegiatan yang dilaksanakan ialah penyuluhan sampah di dua madrasah ibtidaiyyah, di siang hari melaksanakan penanaman 1000 pohon dan pada malam hari melaksanakan menonton tentang pengolahan  sampah  dan penyuluhan ecobrick. Pada hari terakhir diawali dengan jalan sehat dan senam pagi bersama ibu-ibu, dilanjutkan dengan kegiatan cek kesehatan dan donor darah gratis, dan diakhiri dengan kegiatan Seminar bersama Social Commerce ratesapp.co.id

Dengan dilaksanakannya acara ini maka mahasantri diarahkan agar tidak mempelajari ilmu agama namun juga mempelajari tentang lingkungan sekitar dan mampu dapat berwirausaha. Serta selain itu, program kegiatan ini dapat mempererat tali persaudaraan seluruh mahasiswi se-indonesia. (alfia/ed.M.Huda)

Leave a Comment