Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kediri menghadirkan penulis sekaligus motivator Merry Riana pada sesi Motivation Talk dalam acara Pengukuhan GenBI Kediri periode 2020-2021 secara daring melalui Aplikasi Zoom. Merry Riana yang dikenal sebagai motivator nomor wahid se-Asia dan penulis buku yang berjudul “Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar” yang terbit pada akhir tahun 2011 dan diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama garapan Hestu Saputra dibawah MD Pictures.

Pilihan yang sangat tepat dengan dihadirkannya Merry Riana sebagai pembicara pada sesi Motivation Talk kali ini. Karena GenBI sendiri adalah salah satu bentuk nyata dari Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dalam meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, yang dibimbing untuk berbagi energi untuk negeri melalui berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat umum secara langsung. Agar mereka menjadi komunitas yang kreatif, berwawasan luas, dan perduli terhadap kondisi masyarakat.

“Ada 2 hal penting untuk memaksimalkan hidup kita yaitu Energi dan Rezeki. Karena dua hal ini memiliki hubungan yang sangat erat. Jika  energi kita besar maka rezeki kita juga besar. Tapi kalau energinya kecil, rezekinya pun juga kecil” ucapnya di hadapan para peserta Zoom.

“Sebagai generasi muda, kalian harus menularkan energi baik dan positif ke orang-orang yang ada di sekitar kalian. Bukan justru terpengaruh oleh energi negatif dari sekeliling kalian. Sebagai mahasiswa, apalagi kalian termasuk mahasiswa terpilih GenBI, kalian harus menciptakan kelompok Diskusi dan berdiskusi sebanyak-banyaknya dengan mengajak seluruh mahasiswa. Serta berkontribusi pada kampus, masyarakat, dan Indonesia tentunya”, tuturnya pada mahasiswa penerima beasiswa.

Selain itu, Merry Riana juga menyampaikan 3 formula yang menjadi kunci kesuksesan, yaitu:

  1. Vision atau Dare to Dream
    Selalu mulai dengan pikiran akan mau menjadi apa nanti akhirnya “Apa yang sebenarnya kamu inginkan?”. Tidak memiliki tujuan itu sama seperti daun yang jatuh hanyut di sungai, mengikuti arus seiring berjalannya waktu, tidak menyadari bahwa sungai tersebut akan berakhir di lautan, tempat daun tersebut akan tenggelam. Jangan fokus pada kondisi, tapi fokuslah pada visi. Maka, Beranilah bermimpi!
  2. Action
    Mimpi menjadi kekuatan besar supaya setiap orang berjuang demi mewujudkan mimpi tersebut. Jangan hanya mendoakan apa yg kita inginkan, tapi juga harus mengerjakan apa yang kita inginkan. Tidak ada yg memastikan kalau ikut bertanding pasti ada kemenangan, tapi kalau kita tidak ikut pertandingan, sudah dipastikan kita takkan menang. Ada banyak hal dan kesulitan yang akan kalian temui di tengah perjalanan, tapiitu semua adalah harga yang perlu dibayar untuk menuju ke sebuah kesuksesan. Selama nafas di kandung badan, kita harus tekun berusaha. Kita harus terbentur, terbentur, dan akhirnya terbentuk. Katakan pada diri sendiri, “Saya orang tangguh!”.
  3. Passion
    Bukan hanya melakukan apa yg kalian cintai, tapi cintai apa yg kalian lakukan. Komitmen, kemauan, disiplin, selesaikan sampai tuntas dengan cara apapun. Never never never give up. Seberapa penting mimpi itu? Kalau penting, kamu pasti akan mencari jalan untuk mencapainya, sebaliknya kalau tidak sebegitu penting, kamu pasti akan mencari-cari alasan untuk menundanya. Hidup itu tidak mudah, maka kita harus jadi orang yang tangguh! Katakan  pada diri kalian, “Saya Pasti Bisa!”

Semangat dan daya juang yang dimiliki seorang Merry Riana, sangat mewakili harapan dan doa Bank Indonesia bagi seluruh penerima beasiswa dalam berkontribusi untuk Negeri. Dengan motto “ENERGI UNTUK NEGERI” GenBI diharapkan mampu untuk mewujudkan Progam kerja Bank Indonesia untuk terus memberikan kontribusi terbaik sehingga berguna untuk kemajuan bangsa. [aihilmia]

2 Comments

Leave a Comment