Pertama di Dunia, BAZNAS dan BI Luncurkan Buku Manajemen Risiko Pengelolaan Zakat, Apa Peran UNIDA Gontor?

Jakarta – Setelah satu tahun penelitian, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) bekerja sama dengan Bank Indonesia meluncurkan buku pedoman “Manajemen Risiko Pengelolaan Zakat”. Buku ini merupakan yang pertama di dunia, yang menerangkan tentang pedoman bagi para stakeholders perzakatan di seluruh dunia.

Perlu diakui, pekerjaan sebagai Amil bagi sebagian besar orang hanya dianggap sebagai pekerjaan sampingan (second job). Hal ini akan berpotensi menimbulkan risiko reputasi bagi otoritas zakat, yang juga akan menimbulkan risiko yang fatal. Jika ditelaah lebih lanjut, masih terdapat banyak risiko yang melekat secara langsung maupun tidak langsung dalam pengelolaan zakat saat ini.

Atika Rukminastiti Masrifah, dosen Ekonomi Islam UNIDA Gontor menjadi salah satu penulis dalam buku Manajemen Risiko Pengelolaan Zakat tersebut. Penulis berharap semoga hasil kajian ini dapat bermanfaat sebagai masukan otoritas zakat dalam membuat Standar Manajemen Risiko bagi Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Lebih lanjut, semoga buku ini juga bermanfaat bagi OPZ yang akan membuat model manajemen risikonya sendiri yang disesuaikan dengan karakteristik khusus OPZ terkait. [arm]

Selamat Membaca!

Buku Versi Bahasa Indonesia dapat diunduh pada link berikut: http://bit.ly/manajemen-risiko-zakat

Buku Versi Bahasa Inggris dapat diunduh pada link berikut: http://bit.ly/zakat-risk-management

Leave a Comment