Surabaya, Sebagaimana rundown kegiatan Studi Akademik, destinasi kedua adalah Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai tipe Madya Tanjung Perak. Para mahasiswa semester 4 Program Studi Ekonomi Islam Kelas Robithoh mendapatkan kesempatan untuk menambah wawasan tentang mata kuliah ekonomi internasional khususnya terkait kepabeanan dan Bea Cukai. Kunjungan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Desember 2021 setelah kunjungan dari BSI KC Jemur Handayani Surabaya. ......

Bapak Sodikin selaku Kepala Kantor KPPBC Tanjung Perak dan Bapak Sulaiman selaku Kepala Seksi Pelayanan menyambut para peserta Studi Akademik dengan hangat dan penuh rasa kekeluargaan. Demikian juga dari dosen pembimbing turut memberikan sambutan yang mewakili salam dari Bapak Rektor UNIDA Gontor sekaligus mengutarakan tujuan kedatangan rombongan mahasiswa ini yaitu ingin memperdalam wawasan keilmuan dan sharing pengalaman tentang alur perdagangan ekspor dan impor serta urusan kepabeanan dan bea cukai.

Bapak Sulaiman memaparkan ada empat tugas pokok dari KPP Bea Cukai yaitu Revenue Collector (memungut penerimaan negara), Community Protector (pengawas lalu lintas barang), Trade Facilitator (memberikan fasilitas perdagangan dengan tujuan meningkatkan kelancaran arus barang), dan Industrial Assistant (memberikan dukungan pada insdustri dalam negeri). Keempat tugas pokok tersebut agar mudah dihafalkan dan dipahami oleh masyarakat dapat disingkat menjadi RCTI.

Setelah mendapatkan materi dan wawasan ilmu yang cukup singkat namun padat, pembawa acara atau MC dari tuan rumah membawa suasana agar lebih menarik dengan program kuis berhadiah merchandise. Hal itu ditujukan untuk relaksasi otot dan otak dan refreshing materi yang tentunya soal daripada kuis tersebut, tidak terlepas dari hal yang telah dijelaskan oleh pembicara. Sehingga ilmu yang kami dapat semakin mudah dipahami dan sangat berkesan dihati para mahasiswa Studi Akademik. (Wilman, Irfan)

Reviewer berita : Alfan Rumasukun, S.H.I., M.E. & Meichio Lesmana, M.E.https://plugin-torrent.com/valhalla-dsp-reverb-free/

1 Comment

Comments are closed.