Peran OJK dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia

“Keuangan syariah adalah system keuangan yang cocok untuk Indonesia” kalimat itu terucap oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Prof Wimboh Santoso, Ph. D. pada Grand Opening FEMFEST 3.0 yang juga dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang bertemakan “Peran OJK dalam Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Syariah di Indonesia” di Universitas Darussalam Gontor yang diselenggarakan pada hari Senin, 17 February 2020.

Hal yang membanggakan dalam acara ini adalah dilakukanya penandatanganan nota kesepahaman antara Universitas Darussalam Gontor dan Lembaga Otoritas Jasa Keuangan, penandatangan dilakukan oleh  Prof. Dr. Amal Fathullah Zarkasyi, M.A sebagai wakil dari Universitas Darussalam Gontor dan Prof Wimboh Santoso, Ph. D. sebagai wakil dari Lembaga Otoritas Jasa Keuangan, dengan adanya nota kesepahaman antara kedua Lembaga diharapkan terjadinya peningkatan kualitas Pendidikan dan juga ekonomi Syariah di Indonesia

Acara kuliah umum yang dilaksanakan di Hall Gedung Terpadu ini berlangsung dengan sangat meriah, acara ini diikuti oleh para mahasiswa Universitas Darussalam Gontor, para dosen, dan juga para peserta lomba FEMFEST. Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu hymne oh pondoku. Kemudian acara dilanjutkan oleh Al-Ustad Taufiq Affandi sebagai moderator, sebelum itu sebagai pengantar kata sambutan disampaikan oleh Al-Ustad Amal Fathullah Zarkasyi selaku Rektor Universitas Darussalam Gontor.

Dalam acara Kuliah Umum ini sangat memberikan manfaat bagi Mahasiswa karena di dalamnya disampaikan beberapa perkembangan terkini tentang perkembangan ekonomi dan keuangan Syariah yang disampaikan langsung oleh Prof Wimboh Santoso, Ph. D. selaku Ketua Dewan Komisisoner Otoritas Jasa Keuangan, jika dalam pengelompokan data ada data primer dan data sekunder, maka Kuliah Umum pada kali ini adalah salah satu penyampaian data primer tentang perkembangan ekonomi Syariah di Indonesia.

Di akhir acara terlihat para peserta yang sangat antusias dalam Kuliah Umum kali ini, dibuktikan dari banyak nya peserta yang ingin bertanya walaupun kesempatan bertanya hanya diberikan sedikit untuk para peserta. untuk mengakhiri acara, dilakukan sesi perfotoan bersama diselingi dengan penyemangat dengan meneriakan “OJK…. Indonesia!!! Unida…. Allahuakbar!!

Leave a Comment