Pentingnya Sirah Nabawiyah untuk Memahami Islam

Kajian Sirah Nabawiyah dengan pemateri Al-Ustadz Khairul Fata, L.c., M.Pd.I.. Beliau adalah salah satu lulusan S1 Al-Azhar Cairo, yan melanjutkan studi masternya di UNIDA Gontor. Beliau sering menjadi pemateri dalam kajian Sirah Nabawiyah yang diselenggarakan di kampus UNIDA Gontor maupun di tempat kajian lain.

Beliau memulai dengan penukilan dari `Ali bin al-Husain (anak dari Al-Husain bin `Ali bin Abi Thalib) yang dikenal dengan sebutan Zaynal `Abidin pernah berkata:

كُنّاَ نُعَلَّمُ مَغَازِيَ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَسَرَايَاهُ كَمَا نُعَلَّمُ السُّوْرَةَ مِنَ الْقُرْآنِ (البداية والنهاية لابن كثير)

“Kami dahulu diajari tentang sejarah peperangan Nabi SAW, baik yang Nabi ikut serta maupun tidak sebagaimana kami diajari tentang surat Al-Qur`an.” (Al-Bidayah Wa Nihayah li Ibn Katsir)

Meskipun kita perlu mempelajari ilmu fiqh dan hadits-hadits untuk mendalami agama Islam, namun hal ini tidak cukup membersihkan dan meluruskan hati. Kita perlu mengkhususkan waktu untuk mempelajari zuhud dan hal-hal yang berkaitan dengan akhirat. Hingga kita yakin bahwa dunia ini akan sirna. Dan kita akan kembali pada Allah Yang Maha Pencipta.

Beliau menambahkan, mempelajari sirah (perjalanan hidup) orang-orang terdahulu adalah hal yang sangat penting. Ketika seseorang mempelajarinya, termasuk ibadah yang diamalkan orang-orang terdahulu maka hal ini akan meluruskan niatnya, apalagi jika yang dipelajari adalah sirah Nabi SAW. Seseorang tidak akan bisa menguasai ilmu fiqh dengan baik dan syamil jika ia belum menguasai sirah Nabawiyah, karena banyaknya hukum-hukum yang berkaitan dengan sirah dan peperangan-peperangan Nabi. Dengan mempelajari sejarah perjalanan Nabi, akan memudahkan kita dalam memahami fiqh Nabi dan asbabun nuzul ayat dan asbabul wurud hadits yang lebih membantu memahami fiqh ayat dan hadits.

Sumber dan rujukan Sirah Nabawiyah ada empat: Al-Qur`an, Sunnah Nabawiyah Shahih, Syair Arab, dan kitab-kitab Sirah (Sirah Ibnu Ishaq, Sirah Ibnu Hisyam, thabaqat Ibnu Sa`ad, dan Tarikh Thabariy).

Buku-buku paling terkenal dalam Sirah Nabawiyah, yaitu: الشفا بتعريف حقوق المصطفى، سيرة ابن هشام، المواهب اللادونية، الشمائل المحمدية، الخصائص الكبرى، زاد المعاد.

Dengan tulisan ini, semoga dapat menyalakan api semangat dalam mempelajari Sirah Nabawiyah. (Aqif)

Leave a Comment