Pembekalan Skripsi, Ini Pesan Dosen Ekonomi Islam UNIDA Gontor

Program Studi Ekonomi Islam UNIDA Gontor mengadakan kegiatan pembekalan skrispi bagi mahasiswa EI, baik kampus A (Siman) maupun Kampus B (Robitoh) yang akan/sedang melaksanakan penelitian tugas akhir. Pembekalan ini diselenggarakan pada hari Rabu, 26 Juni 2019 di Hall CIOS dan diikuti oleh 70-an mahasiswa yang mengambil mata kuliah Skripsi di semester ganjil tahun ajaran 1440/1441.

Pembekalan skripsi ini bertujuan supaya mahasiswa EI UNIDA Gontor siap untuk memulai melakukan penelitian tugas akhir. Lebih dalam, kami harapkan mahasiswa mampu menuangkan hasil penelitiannya ke laporan skripsi dan mengetahui cara menuliskan artikel untuk publikasi di jurnal nasional. Kegiatan ini akan diadakan secara kontinyu di semester-semester berikutnya dan menjadi salah satu program tahunan EI.

Pembekalan kali ini diisi oleh dua dosen Ekonomi Islam, yaitu Al Ustadz Azidni Rofiqo, M.E. tentang Metodologi Penelitian Kualitatif dan Al Ustadzah Atika Masrifah, M.E.Sy. tentang Metodologi Penelitian Kuantitatif. Materi berikutnya, antara lain sosialisasi buku pedoman skripsi dan substansinya, akan disampaikan oleh dosen EI yang lain.

Al Ustadz Azidni Rofiqo, M.E. menyampaikan materi terkait pemanfaatan dan penggunaan Mendeley untuk mengelola referensi dan teknik menuliskan bodynote juga footnote. Beliau juga menyampaikan cara menuliskan daftar referensi dalam skripsi dan makalah ilmiah. Mendeley menjadi alat bantu untuk menyisipkan sitasi dan membangkitkan daftar referensi yang konsisten sesuai style sitasi ke dalam dokumen. Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan Mendeley ini saat menulis skripsi dan makalah ilmiah mereka.

Al Ustadzah Atika Masrifah, M.E.Sy. menyampaikan materi tentang gaya penulisan skripsi mahasiswa Ekonomi Islam UNIDA Gontor serta pedoman penulisan dan petunjuk untuk mengunggah artikel ilmiah ke jurnal online nasional. Prodi EI menyediakan wadah bagi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil penelitiannya dalam bentuk artikel ilmiah, yakni Journal of Islamic Economics and Philanthropy (JIEP). Artikel yang masuk akan melewati proses penilaian substansinya. Mahasiswa diharapkan mampu menulis artikel sesuai kaidah ilmiah dan mengikuti format UNIDA Gontor.

Mempersiapkan lulusan Prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor yang memiliki nilai lebih di atas standar rata-rata, dipersiapkan mental petarung melalui mata kuliah Skripsi bagi seluruh mahasiswa akhir.

Bimbingan skripsi bukan hanya ala kadarnya saja, hanya untuk memenuhi formalitas atas apa yang akan ditulis dalam skripsi, yang akan dipresentasikan saat ujian skripsi, dan pasti lulus. Akan dibuat rancanagan rekam jejak penulisan skripsi mahasiswa dari mulai pemilihan judul, penentuan rumusan masalah hingga pemilihan metode penelitian sebagai langkah mempersiapkan mahasiswa siap melaksanakan skripsi di semester akhir ini, itu pesan Al Ustadzah Atika Masrifah, M.E.Sy. salah satu dosen prodi Ekonomi Islam UNIDA Gontor.

Semoga kegiatan ini dapat membawa manfaat bagi mahasiswa Ekonomi Islam. [Nastiti]

Leave a Comment