Mantingan-PKM diselenggarakan oleh Ditjen Belmawa bagi mahasiswa untuk mengembangkan; kreativitas, imajinasi, dan inovasi mahasiswa berbekal penguasaan IPTEKS, kepedulian kepada masyarakat/lingkunagan serta bangsa, Kemampuan dalam pemanfaatan/implementasi dan IPTEKS, jiwa eirausaha/kemampuan berwirausaha dari mahasiswa dan kemampuan bekerjasama dalam tim maupun kerja mandiri.

Klinik Proposal Oleh Tim LPPM UNIDA Gontor

PKM atau biasa disebut dengan Program Kreativitas Mahasiswa terdari dari PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-GFK (gagasan Futuristik Konstruktif), PKM-GT (Gagasan Tertulis), PKM-AI (Artikel Ilmiah), PKM-M (Pengabdian Masyarakat), PKM-K (Kewirausahaan), PKM Penelitian (Eksakta-Sosial Humaniora), PKM-T (Teknologi).

Proses Klinik oleh Reviuwer Internal

Perlu diketahui bahwasanya PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) adalah suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jendral Pembelajaran da Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya diperkuliahan kepada masyarakat luas. Program ini merupakan penerus dari Program Karya Alternatif Mahasiswa yang dibentuk pada tahun 1997 yang berganti menjadi Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2001. Kesempatan kali ini Prodi Ekonomi Islam Kampus Putri ikut berperan aktif dalam menyemarakkan program PKM yang di organisis oleh LPPM Universitas Darussalam Gontor.

Suasana Klinik Proposal PKM UNIDA Kampus Putri

Tahun ini Prodi Ekonomi Islam  mengusulkan 5 kelompok PKM, yang mana mereka semua telah melakukan klinik proposal tahap pertama yang diadakan pada hari Kamis, 4 Maret 2021 yang bertepatan di Aula Ilkes bersama tim reviewer internal LPPM. Kegiatan ini dihadiri oleh sleuruh mahasiswi yang telah mengumpulkan proposalnya. Kaitan dengan ini Program Ekonomi Islam Kampus Putri mengajukan usulan prosap berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Diantaranya adalah PKM-K sejumlah 2 kelompok yaitu Miftah Azzahra dan  Nur Fadhilllah, PKM-GT 1 kelompok yaitu Nidaan, dan PKM-KC 2 kelompok yaitu Nahdiyah dan Dyntia. Semoga dengan kegiatan PKM ini dapat memacu kreativitas mahasiswa. (M.Huda)

Leave a Comment