Motivasi Berzakat dari Baznas Surabaya

Senin siang (11/03/2019) acara studi akademik berlanjut ke objek selanjutnya yaitu di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Timur. Pada kunjungan kali ini rombongan studi akademik di sambut oleh Ketua Divisi Pelaksana BAZNAS Jawa timur. Tujuan dilaksanakannya studi akademik ini untuk menambah wawasan mahasiswa dan meningkatkan pengetahuan tentang Ekonomi Publik dan Ekonomi Pembangunan.

Pada pemaparan Ustadz Beni tentang potensi zakat, beliau menjelaskan bahwasannya negara Indonesia memiliki potensi zakat yang sangat besar, dan sampai saat ini hanya 2% dari total potensi zakat yang bisa di kelola oleh BAZNAS. Ustdz Beni menyatakan bahwa ada 2 kemungkinan Muzakki yang sampai saat ini belum terorganisir. Yang pertama adalah 98% muzakki yang datanya belum masuk kedalam UPZ (Unit Pengelola Zakat). Yang kedua adalah 98% muzakki belum sadar akan pentingnya Zakat bagi kelangsungan hidup bersama.

Hasil dari kunjungan ke BAZNAS provinsi jawa timur adalah mahasiswa sebagai penerus bangsa mempunyai amanah yang besar untuk mengembangkan potensi zakat untuk kesejahteraan masyarakat. bukan hanya wacana saja, Dengan menyadarkan masyarakat Indonesia tentang pentingnya membayar zakat. mahasiswa adalah kader pemimpin bangsa karena salah satu maju tidaknya sebuah lembaga zakat negara dilihat dari pemimpinnya. (Akmal Fauzan)

Leave a Comment