Menanamkan pendidikan akhlaq mulai usia dini

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, setiap insan wajib memiliki ahlaqul karimah (akhlaq yang baik). Agar kita sebagai manusia dapat disenangi oleh semua orang, baik keluarga, sahabat, maupun orang disekitar kita. Sebagai orang tua wajib baginya mengajari anaknya untuk berbuat baik kepada siapa saja. Baik itu kayak, miskin, kecil, maupun besar tanpa membedakan antara ras dan suku agama. Dijelaskan di dalam kitab Al Akhlaq Lil Banin Jilid 1 bahwa memperhatikan anak dan siswa itu merupakan hal yang sangat bagus dan tidak boleh disepelekan. Karena hal tersebut termasuk salah satu kunci keberhasilan seorang anak jika nanti sudah dewasa.

Adapun untuk akhlaq yang diterapkan untuk anak diklasifikasikan menjadi dua. Pertama, akhlaq kepada Allah dan kedua akhlaq kepada manusia. Akhlaq kepada Allah dijelaskan sebagai berikut: melaksanakan perintah Nya dan menjauhi larangan Nya, tidak menyekutukannya, bersyukur dengan nikmat yang diberikan Nya, mencintai para utusan Nya, berdoa dan selalu ingat kepada Nya, taat beribadah dan berbuat baik kepada Nya, dan mengajarkan dan mengamalkan Al Qur’an. Akhlaq sesama manusia dibagi lagi kedalam akhlaq kepada orang tua, akhlaq kepada guru, dan akhlaq kepada teman.

Maka didalam artikel ini dapat disimpulkan bahwa akhlaq sangatlah penting didalam kehidupan kita. Dan seorang anak diharuskan memeliki akhlaqul karimah kepada Allah, kepada orang tua, kepada guru dan juga kepada teman. Puja.S / Ed. Yuwan

Leave a Comment