Ponorogo-Perjalanan dilanjutkan menuju Bank Muamalat Ponorogo, dari seluruh rangkaian perjalanan Economic Visit kita akhiri dengan kunjungan ke Bank Muamalat. Tepatnya hari Selasa (07/12/21) pukul 15.00 WIB, alhamdulillah mahasiswa diterima dengan sangat baik, dalam hal ini Kepala Bank Muamalat Ponorogo Bapak Pandu Bagaskara, S.E., memberikan sedikit edukasi mengenai praktik Bank Muamalat di Indonesia. Dalam sambutannya beliau sangat mengharapkan kepada generasi milenial saat ini yang mana tentunya itu adalah mahasiswi secara keseluruhan apalagi juga belajar tentang Ekonomi Islam harus mampu mengedukasi dan memperluas literasi keuangan Islam.

Sharing Session Bersama Kepala BMI Ponorogo

Sedikit sejarah dari Bank Muamalat Indonesia (BMI) didirikan atas gagasan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia, sehingga pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia secara resmi beroperasi sebagai bank yang menjalankan usahanya berdasarkan prinsip syariah pertama di Indonesia. Dua tahun setelahnya, tepatnya pada pada 27 Oktober 1994, BMI memperoleh izin sebagai Bank Devisa setelah setahun sebelumnya terdaftar sebagai perusahaan publik yang tidak listing di Bursa Efek Indonesia (BEI).

BMI melakukan rebranding pada logo Bank untuk semakin meningkatkan awareness terhadap image sebagai Bank Syariah Islami, Modern dan Profesional. Bank pun terus merealisasikan berbagai pencapaian serta prestasi yang diakui, baik secara nasional maupun internasional. Kini, dalam memberikan layanan terbaiknya, BMI beroperasi bersama beberapa entitas anaknya yaitu Al-Ijarah Indonesia Finance (ALIF) yang memberikan layanan pembiayaan syariah, DPLK Muamalat yang memberikan layanan dana pensiun melalui Dana Pensiun Lembaga Keuangan, dan Baitulmaal Muamalat yang memberikan layanan untuk menyalurkan dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS). 

Foto Bersama Kepala BMI Ponorogo

Dalam penjelasannya beliau menjelaskan tentang produk dan layanan yang ada di BMI yaitu; Tabungan, Muamalat Prioritas, Giro, Deposito, Kartu Shar-E Debit, Pembiayaan, Investasi, dan Smart Account Opening. Kaitan dengan Islamic Philantropy BMI juga memiliki produk ZISWAF terdiri dari wakaf uang dan bundling ZISWAF. (M.Huda)