Manfaat Studi Praktek Lapangan di Otoritas Jasa Keuangan

Bandung, Study Praktek Lapangan (SPL) merupakan program kegiatan mahasiswa diluar kampus yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa Ekonomi Islam semester 6. Kegiatan ini merupakan wadah untuk mempraktekkan teori yang sudah didapat pada bangku perkuliahan. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para mahasiswa, karena dengan kegiatan ini mahasiswa dapat memahami masalah yang terjadi di lapangan tempat dirinya melakukan SPL. Maka dari itu, mahasiswa dituntut untuk bisa memberikan solusi atas masalah yang sedang terjadi pada lingkungan tersebut sehingga nantinya solusi tersebut bisa digunakan saat telah kembali kepada masyarakat. Hal inilah yang menambah skill dan mentalitas para pejuang ekonomi Islam, sehingga dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Otoritas Jasa Keuangan adalah salah satu tempat dimana mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam melakukan Program SPL. Karena OJK merupakan sebuah lembaga pengawasan terhadap perbankan yang mana sebelumnya dipegang oleh Bank Indonesia.OJK merupakan salah satu tempat andalan mahasiswa ekonomi Islam dalam memahami dan mempelajari segala sesuatu yang ada pada ekonomi moneter. Pada tahun ini, mahasiwa bernama Muhammad Agus Waskito mendapatkan kesempatan melaksanakan Studi Praktek Lapangan di Kantor Regional 2 Otoritas Jasa Keuangan Jawa Barat (OJK KR 2 Jabar). SPL ini dilaksanakan selama 1 Bulan dimulai sejak tanggal 25 Februari 2019 Sampai 25 Maret 2019. Pada kesempatan ini, mahasiswa yang bersangkutan ditempatkan secara khusus di Deputi Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan 3 (LJK 3), yang mana tugasnya adalah mengawasi perbankan diantaranya 1 Bank Umum, 21 BPR, & 11 BPR Syariah. Tentu saja banyak pengalaman yang mahasiswa tersebut dapatkan dalam Study Praktek Lapangan ini.

Pada LJK 3 ini banyak sekali pelajaran yang dapat mahasiswa ambil, baik dari struktural, fungsional, maupun aktual yang nantinya dapat bermanfaat apabila sudah terjun langsung dilapangan. Keuletan dalam bekerja, ketepatan waktu, serta kesadaran akan amanah dan tanggung jawab sangat diperlukan sebagai seorang pengawas perbankan. Semoga setiap mahasiswa dapat melaksanakan SPL ini dengan baik dan meninggalkan kesan yang baik pula terhadap instansi atau lembaga yang di jadikan tempat belajar. (Agus Waskito/ed. Indra S. Husni)

3 Comments

Leave a Comment